Ketika Air Minum Dimakan

2
114

NextGeners selama ini kalau air minum pasti diminum, tapi sekarang ada terobosan inovasi kalau air minum sekarang itu dimakan.

Nama dari teknologi ini adalah Ooho, sebuah perusahaan di London bernama Skipping Rocks Lab adalah pencetus Ooho yang di prakarsai oleh Rodrigo García González seorang pria lulusan Royal College of Art dan Imperial College of London.

Ooho merupakan air minum yang berbentuk bola transparan bening. Selama ini air mineral selalu dikemas dalam botol plastik, hal ini menyebabkan masalah yang cukup besar. Karena limbah plastik botol sangat sulit diurai secara alami dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengurainya dan dapat menyebabkan dampak masalah lingkungan yang lain, seperti yang dilaporkan oleh otoritas kota London pada hari Kamis (20/4/2017) mengatakan lebih dari 4000 botol plastik telah dikeluarkan dari sungai Thames dalam jangka waktu satu bulan pada tahun lalu .

Ooho merupakan jawaban yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ini. Pada dasarnya Ooho merupakan air dalam kemasan, tetapi hal yang inovatif adalah kemasan dari ooho ini dapat dimakan langsung bersama airnya. Wadah kemasannya terbuat dari ekstrak rumput laut, sedangkan air nya sendiri  terbuat dari bola air yang sebelumnya telah dibekukan lalu diselimuti  dengan suatu membran yang terbuat dari sodium alginat dari alga coklat dan kalsium klorida, jadi konsumen tidak perlu khawatir ketika memakan air mineral ini. Jika tidak ingin memakan kemasan air ini pun tidak masalah, karena kemasan air ini bersifat biodegradable dan tidak akan mencemari lingkungan.

Penelitian yang dilakukan oleh Skipping Rock Lab menghabiskan waktu selama tiga tahun, dan akhirnya pada tahun 2013 air yang dapat dimakan ini resmi diluncurkan, air Ooho ini juga sudah diperkenalkan di London dan San Fransisco.

Inovasi dari air minum ini mendapatkan penghargaan dari Global Design Forum yang menjadi bagian dari London Design Festival.

Pihak air Ooho juga menargetkan produknya dapat di konsumsi untuk masyarakat umum secara luas,khususnya untuk para atlet olahraga.

Plastic-free hydration for the @virgin_sport morning workout #run

A post shared by Ooho! (@oohowater) on

 

Bagaimana inovasi air minum yang dapat dimakan? Keren kan pastinya, selain aman dan higienis hal yang paling penting air minum Ooho ini sangat ramah lingkungan dan tidak menyebabkan limbah yang merusak lingkungan.

Ayo NextGeners tunjukan ide inovasi kalian di bidang Food Business Technology .

 

https://www.instagram.com/p/BL0gT05AEqD/?taken-by=oohowater

Sumber Referensi:

http://www.oohowater.com/http://lazuardi.id/2017/04/21/ooho-kemasan-pengganti-plastik-yang-bisa-dimakan/

http://www.infospesial.net/39285/ooho-botol-air-minum-yang-bisa-dimakan/

https://kumparan.com/elsa-atu/ooho-air-minum-dalam-kemasan-yang-wadahnya-dapat-dimakan

Gambar:

(Gambar no.1) http://www.aquaecology.by/en/informatsiya/novosti/edible-water-ooho/

2 COMMENTS