Meminum Air dan Memakan Gelas

0
122

NextGeners apakah masih ingat dengan ooho? Sebuah inovasi air yang bisa dimakan. Kali ini STEM-Z akan mengulas mengenai inovasi mengenai gelas yang bisa dimakan, produk inovasi ini merupakan karya anak bangsa kita.

Di bawah perusahaan yang memproduksi edible cups atau gelas yang bisa dimakan, evoware yang diberi nama Ello Jello. Karya inovasi ini diciptakan oleh David Christian. Ello Jello merupakan gelas yang ramah lingkungan dan juga dapat dimakan bagi para penggunanya.

Evoware mengembangkan usaha berbasis makanan yang unik, sehat sekaligus ramah lingkungan. Bentuknya seperti gelas warna-warni yang bisa dijadikan wadah menaruh es krim, buah, atau minuman lainnya. Yang menarik, gelas ini bisa sekaligus dimakan. Tidak seperti gelas yang kita biasa gunakan sehari-hari berbahan baku plastik, kaca atau styrofoam yang tidak ramah lingkungan.

Ello Jello terbuat dari bahan-bahan alami, sayuran sehat seperti rumput laut. Ello Jello dibuat tanpa menggunakan pemanis buatan, tanpa gelatin, dan memiliki kadar gula yang rendah dan gluten free. Gelas Ello Jello ini dapat terurai dalam 1-2 bulan. Apabila gelas ini tidak habis dimakan, produk inovasi ini dapat menjadi humus bagi tanaman juga, kita cukup meletakkannya pada pot-pot tanaman di rumah dan gelas ini akan terurai menjadi pupuk.

Dilansir dari teknovaganza.id, David mengaku idenya ini terinspirasi dari makanan Jepang yang berbentuk gelas, bedanya, kalau produk makanan ini berbahan baku cumi. Produk gelas buatan David berbahan rumput laut, selain sehat karena tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan, juga bisa langsung dimakan. Walau produk ini terbuat dari bahan rumput laut kalian tidak perlu takut kalau gelas ini akan bocor atau meleleh saat digunakan dengan air panas.  Setelah diberi formulasi khusus maka bentuknya akan mengeras dan dijamin tak akan bocor meskipun digunakan untuk wadah air panas. Hanya saja, mungkin rasa airnya akan berubah karena tercampur oleh jelly.

Evoware bisa tahan selama tujuh hari di dalam lemari pendingin, dan hanya tiga hari jika diletakkan di luar ruangan. Melalui kehadiran Ello Jello, masyarakat diharapkan dapat mulai mengurangi penggunaan plastik di lingkungan sekitarnya. Selain edible cup, David berencana meluncurkan produk baru pada tahun ini, yaitu edible bioplastik berbahan rumput laut.

Ke depannya, Evoware akan terus berinovasi menciptakan produk yang dapat mengurangi dampak pemanasan global dan kerusakan lingkungan. Produk ini merupakan salah satu contoh inovasi yang sangat sehat  dan ramah lingkungan.

Apakah NextGeners berniat untuk menggunakan produk ramah lingkungan ini? karena gelas Ello Jello ini sudah tersedia dan dapat dibeli oleh masarakat umum ataukah NextGeners ingin mencoba membuat inovasi seperti Ello Jello?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Sumber Referensi:

https://tirto.id/makan-saja-gelas-plastikmu-ccMJ

https://teknovaganza.id/news/detail/david-evoware-ciptakan-gelas-yang-bisa-dimakan

http://www.mediaindonesia.com/index.php/news/read/105425/ello-jello-gelas-yang-bisa-dimakan/2017-05-19

Sumber Gambar:

(featured image)http://www.dreamers.id