Aplikasi dan Perkembangannya

1
53

Di era globalisasi seperti sekarang ini teknologi merupakan suatu hal yang sangat melekat di dalam kehidupan manusia. Hal seperti ini juga tidak lepas dari yang namanya aplikasi, aplikasi pun sudah banyak terdapat di berbagai device seperti komputer, tablet, dan smart phone. Berbagai aplikasi telah banyak membantu kehidupan manusia juga. Tapi tahukah NextGeners bagaimanakah perkembangan dari aplikasi ini sendiri?

Secara umum aplikasi dapat diartikan sebagai suatu program berbentuk perangkat lunak yang berjalan pada suatu sistem tertentu yang berguna untuk membantu berbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Para ahli pun memiliki pengertian tersendiri mengenai apa itu aplikasi.

Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, aplikasi adalah komponen yang bertugas sebagai front end pada sebuah sistem yang di gunakan untuk mengelolah berbagai macam data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk penggunanya dan sistem yang berkaitan.

Sedangkan menurut Hengky W. Pramana, aplikasi ialah satu unit perangkat lunak yang sengaja dibuat guna memenuhi kebutuhan akan berbagai aktifitas ataupun pekerjaan, seperti aktifitas perniagaan, pelayanan masyarakat, periklanan, game, dan berbagai aktivitas lainnya yang dilakukan oleh manusia.

Perkembangan dan perjalanan aplikasi tidak bisa lepas dari yang namanya komputer, jauh sebelum aplikasi ditemukan dan belum banyak seperti sekarang ini, semua perangkat lunak atau software selalu mengandalkan aljabar Boolean. Seperti yang NextGeners tahu, aljabar Boolean ini menggunakan bilangan yang menggunakan kode biner digit atau yang dikenal dengan bit yang terdiri dari dua angka, yaitu 1 (benar atau on) dan 0 (salah atau off). karena terlalu rumit dan panjang penggunaan kode biner maka orang-orang pada saat itu mulai membuat kelompok-kelompok bit yang terdiri dari nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), dan juga double word (32 bit).

Hadirnya kelompok-kelompok bit ini cukup membantu dalam kegiatan yang dilakukan dalam software komputer. Melalui kode-kode bit ini orang-orang mulai merakit kode-kode tersebut menjadi berbagai struktur instruksi seperti transfer, operasi logika, dan juga penyimpanan, hingga pada akhirnya maka terbentuk kode-kode baru yang dikenal dengan nama assembler. Assembler atau yang dikenal juga dengan bahasa assembly (rakitan) adalah bahasa pemprograman tingkat rendah. Dalam pemprograman komputer dikenal dua jenis tingkatan bahasa, jenis yang pertama adalah bahasa pemprograman tingkat tinggi (high level language) dan jenis yang kedua adalah bahasa pemprograman tingkat rendah (low level language).

Kode dari assembler inilah yang menjadi cikal bakal terlahirnya banyak aplikasi. Saat ini aplikasi komputer sudah dikembangkan dan semakin luas. Aplikasi komputer ada yang menjadi sistem operasi dasar, dan dimana setelah aplikasi sistem operasi terinstal maka akan muncul aplikasi-aplikasi lainnya. Perkembangan aplikasi pun terus berlanjut sampai sekarang.

Aplikasi yang digunakan didalam komputer secara personal begitu banyak, misalnya untuk aplikasi pengolahan data kerja terdapat Microsoft Office yang terdiri dari banyak aplikasi untuk mengolah data berdasarkan fungsinya, kemudian terdapat aplikasi pengolahan gambar seperti Photoshop, Corel Draw, GIMP 2 dan sebagainya.

Jika awalnya aplikasi dikembangkan hanya untuk perangkat komputer personal, tetapi sekarang setelah muncul jaringan internet berbagai aplikasi sudah merambah dengan berbasis online mulai dari aplikasi jejaring sosial facebook, twitter, google plus, dan bahkan untuk game juga sudah berbasis online, contohnya counter strike, DOTA (Defense of the Ancients), Audition Online,Ragnarok, 3 Kingdoms dan lain-lain.

Aplikasi komputer berbasis online lainnya yang tidak kalah populer adalah Content Management System (CMS)dimana pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat website, contoh dari CMS adalah blogspot, wordpress, joomla, opencart, droopal dan lain-lain.

Jika dulu ketika kita ingin menikmati aplikasi-aplikasi tersebut harus menggunakan komputer, tetapi berkat kemajuan teknologi yang semakin meningkat para pengguna ponsel cerdas pun bisa menikmati aplikasi-aplikasi tersebut. Semua aplikasi jejaring sosial dapat kita nikmati melalui ponsel selular kita, contohnya bila saat kita ingin membuka aplikasi jejaring sosial melalui komputer kita harus membuka browser untuk menampilkannya. Tetapi dengan aplikasi jejaring sosial yang sudah tersedia di dalam ponsel, kita dapat dengan mudah membukanya melalui aplikasi, misal aplikasi facebook, twitter, instagram, path, line, dan aplikasi jejaring sosial sejenisnya.

Jika dulu ketika kita ingin menikmati aplikasi-aplikasi tersebut harus menggunakan komputer, tetapi berkat kemajuan teknologi yang semakin meningkat para pengguna ponsel cerdas pun bisa menikmati aplikasi-aplikasi tersebut. Semua aplikasi jejaring sosial dapat kita nikmati melalui ponsel selular kita contohnya bila saat kita ingin membuka aplikasi jejaring sosial melalui komputer, kita harus membuka browser untuk menampilkannya. Tetapi dengan aplikasi jejaring sosial yang sudah tersedia di dalam ponsel, kita dapat dengan mudah membukanya melalui aplikasi misal aplikasi facebook, twitter, instagram, path, line, dan aplikasi jejaring sosial sejenisnya.

Tidak hanya itu bahkan perkembangan teknologi aplikasi untuk smart phone menjadi lebih gencar dibandingkan untuk aplikasi komputer.

Seperti data yang diperoleh oleh Flurry menunjukkan jika tren aplikasi mobile (smart phone) semakin tahun semakin melonjak pemakaiannya dibandingkan orang yang mengakses melalui web browser

Hal ini menunjukkan kalau aplikasi berbasis mobile jauh lebih banyak penggunanya dibandingkan melalui browser. Dan yang seperti kita tahu banyak aplikasi-aplikasi berbasis mobile yang banyak mencuri perhatian masyarakat, misalnya aplikasi transportasi online yang kehadirannya sangat menghebohkan masyarakat Indonesia. Kehadiran aplikasi transportasi online seperti ini sangat berguna dan membantu masyarakat, di tambah penggunaannya yang mudah diakses melalui ponsel genggam kita.

Dikarenakan tren aplikasi mobile yang tinggi, banyak aplikasi-aplikasi berbasis komputer yang juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile misalnya aplikasi pengolah data kerja microsof office kini juga hadir dalam bentuk aplikasi mobile. Industri game online juga semakin banyak untuk membuat aplikasi di smart phone jika sebelumnya orang bermain game online harus menggunakan komputer, tetapi aplikasi game di smart phone / tablet menampilkan dan memberi pengalaman yang tidak kalah dengan aplikasi komputer, permainan game online berbasis smart phone seperti mobile legends, Clash of Clans dan lain-lain.

Dampak dari hal ini juga membuat para raksasa industri smart phone untuk berlomba membuat gadget mereka yang lebih mutakhir, salah satu contoh sekarang ini seperti smart phone yang dapat menggunakan aplikasi dengan teknologi AR (Augmented Reality). Karena sekarang ini banyak aplikasi mobile yang berbasis augmented reality dan salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk menikmati augmented reality adalah smart phone.

Sebuah laporan yang dibuat oleh para analis di digi-Capital menunjukan bahwa industri agumented reality  di mobile akan menjadi bom waktu yang terus berdetak. Sebuah bom yang berisi banyak muatan bisnis. Yang mana tiap tahunnya akan melonjak keatas.

Apakah NextGeners ingin tahu lebih lanjut mengenai perjalanan augmented reality itu sendiri? Dari ide awal hinggal sekarang menjadi teknologi yang sangat populer?

Nantikan episode selanjutnya yang akan membahas mendalam mengenai augmented reality.

Sumber Referensi:

Mengenal Perkembangan Aplikasi Komputer dan Manfaatnya

http://www.ibmbigdatahub.com/blog/brief-history-application-development

http://www.ayoksinau.com/apa-itu-aplikasi-pengertian-aplikasi-menurut-para-ahli-dan-sejarah-nya/

11 Pengertian Aplikasi dan Klasifikasi Aplikasi Menurut Para Ahli Lengkap

http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2119332/Apps-overtaken-Web-popularity-according-latest-statistics-actually-theres-probably-app-tell-that.html

Augmented Reality