Seperti Dalam Film Real Steel, ATLAS sang Robot Atlet

0
43
wallup.net

Siapa yang masih ingat dengan salah satu film yang dibintangi oleh aktor kawakan asal Australia Hugh Jackman pada tahun 2011 yaitu Real Steel? Di dalam film tersebut dikisahkan pada tahun 2020 olahraga tinju sudah digantikan oleh robot yang dikendalikan oleh manusia, bukan manusia lagi yang harus bertarung di atas ring tinju, melainkan para robot.

Mungkin jika NextGeners lihat apakah hal seperti itu mungkinkah terjadi di dunia nyata? Kemungkinan besar pasti terjadi, terbukti dari salah satu teknologi robot dari Boston Dynamic. Bagi kalian yang selalu mengikuti teknologi robotika pasti kenal dengan nama perusahaan tersebut.

Boston Dynamics adalah sebuah perusahaan desain teknik dan robotika yang kebanyakan orang mengenalnya sebagai pengembang robot berjenis BigDog (Anjing Besar), sebuah robot yang dirancang untuk militer AS dengan dana dari Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), dan DI-Guy (sebuah perangkat lunak yang sangat cocok untuk simulasi pada manusia).

Diantara banyak robot yang telah dikembangkan oleh Boston Dyanmics terdapat satu robot yang memiliki kemampuan yang luar biasa, namanya adalah ATLAS. Robot ATLAS adalah robot Humanoid (bentuk menyerupai tubuh menusia) berteknologi canggih terbaru yang dikembangkan oleh Boston Dynamics. Pada robot ATLAS terpasang sistem kontrol yang sangat canggih yaitu berupa koordinasi dari gerakan lengan, batang tubuh, dan kaki agar dapat mencapai keseimbangan yang stabil dan tidak mudah jatuh terbaring saat di medan yang halus seperti lantai dan medan yang kasar seperti di tanah berpasir.

Berdasarkan deskripsi resmi Boston Dynamics, disebutkan “Versi baru ATLAS dirancang untuk dapat digunakan di dalam dan luar ruangan. Robot ini digerakkan oleh tenaga listrik dan digerakkan secara hidraulis (hydraulically actuated).”

“ATLAS menggunakan beberapa sensor di badan dan kakinya pada sistem keseimbangan yang didukung pula oleh LIDAR dan sensor stereo di kepala untuk menghindari halangan, memprediksi medan (permukaan), dan melakukan navigasi. Versi terbaru ini berbobot 180 lbs (81 kg) dan tinggi sekitar 5 kaki 9 inci (sekitar 175 cm) atau lebih pendek dari DRC Atlas.

Belakangan ini robot ATLAS memiliki kemampuan yang telah di tingkatkan, kini robot ATLAS mampu melompat-lompat dengan kedua kakinya dan juga dapat melakukan backflip(salto belakang). Yang lebih kerennya lagi dari ATLAS, dia mampu berputar 180 derajat di udara untuk mengubah posisinya pada saat melompat, uniknya ATLAS mampu melompat dengan rintangan yang memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Bagaimana NextGeners terbayang kah dengan teknologi inovasi yang dapat di lakukan oleh robot ATLAS buatan Boston Dynamic? apakah kira-kira kejadian robot yang dapat bertarung di atas ring seperti dalam film Real Steel akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat ini? masih menjadi misteri pastinya NextGeners, karena kita harus menunggu perkembangan dari pihak Boston Dyanamics mengenai perkembangan lebih lanjut robot-robot mereka.

NextGeners setelah membaca artikel ini apa memiliki ide inovasi dengan robot seperti yang dilakukan oleh Boston Dyanmics?

kalau ada kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Robot ATLAS melakukan lompatan

Robot ATLAS melakukan aksi flipback

Sumber Referensi:

https://www.teknosaurus.com/2017/11/21/robot-boston-dynamics-melakukan-backflip/

http://warstek.com/2017/10/05/robotatlas/

http://www.mobitekno.com/read/2121-kestabilan-robot-humanoid-atlas-generasi-terbaru-ditunjukkan-boston-dynamics

Sumber Gambar:

https://www.bostondynamics.com/

(Gif Images) https://www.teknosaurus.com/

(Featured Image) https://pinterest.com