Kenshiro & Kengoro, dua bersaudara Atlet berlapis Besi

0
60

Pernahkah kalian mendengar dua bersaudara kenshiro dan kengoro? Jika kalian belum pernah mendengarnya, kalian harus berkenalan dengan dua bersaudara ini yang memiliki kemampuan atlet. Kenshiro dan adiknya kengoro adalah robot humanoid yang berasal dari negri sakura yaitu Jepang. Diciptakan oleh ilmuwan yang berasal dari laboratorium Johou System Kougaku di Universitas Tokyo, dimana studi mereka telah dipublikasikan di Science Robotics pada bulan Desember 2017.

kedua robot ini mampu melakukan aktifitas atletik seperti pull up, push up, sit up, mengayunkan raket dan sebagainya.  Mereka adalah robot humanoid yang memiliki fleksibilitas dan mengutamakan kemampuan dari kekuatan juga efisiensi. Robot ini benar-benar dibuat selayaknya kemampuan anatomi tubuh manusia. Kenshiro di ibaratkan sesosok anak laki-laki yang memiliki umur 13 tahun dan adiknya Kengoro yang lebih baru dibandingkan Kenshiro.

Kedepannya dua robot bersaudara ini bisa berguna sebagai model crash-test karena mobilitasnya bisa terbaca lebih akurat dibandingkan model yang tidak dapat melakukan gerak. Kenshiro dan Kengoro bisa menjadi inspirasi bagi robot pencarian dan penyelamatan yang sesungguhnya. Karena kemampuan mereka yang memiliki struktur tubuh seperti manusia.

        Kengoro Melakukan Push Up

Secara anatomi mereka memiliki struktur muskuloskeletal, seperti sendi tulang belakang dimana massa tubuh dan proporsinya seperti dengan manusia.

Kenshiro melakukan aktifitas olahraga

Robot atletik seperti ini mengingatkan robot ATLAS , namun yang istimewa dari kedua robot Kenshiro dan Kengoro dari robot ATLAS dan lainnya adalah, kedua robot bersaudara ini dapat berkeringat di saat aktifitas olahraganya. Tapi bagaimana bisa sebuah robot berkeringat?  Tujuan utama keringat pada robot tersebut adalah untuk mendinginkan mesin motor pada robot tersebut. Air tersebut terletak pada tulang yang dijadikan tempat penyimpanan air, secara bertahap air tersebut dilepaskan ke luar tubuh kengoro, sehingga kengoro bisa mendinginkan tubuhnya melalui air-air tersebut.

Makin kesini semakin banyak teknologi robot yang lahir,semoga saja dengan adanya robot-robot seperti ini dapat membantu aktifitas manusia, seperti menolong korban bencana alam. Apakah NextGeners tertarik dengan dunia piranti komputer? Jika jawabannya iya, maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

https://gizmodo.com/japanese-scientists-made-a-sweating-robot-that-can-fina-1821584469

https://kumparan.com/@kumparantech/bertemu-dengan-kengoro-robot-yang-hobi-olahraga-dan-bisa-berkeringat

https://techno.okezone.com/read/2018/01/02/56/1838675/robot-ini-mampu-berolahraga-dan-berkeringat-seperti-manusia

Sumber Gambar:

https://www.techspot.com

htpps://www.google.com