Mengenal hubungan manusia dengan Social Network Analysis

0
70

Hallo NextGeners masih ingat dengan pembahasan STEM-Z minggu lalu mengenai pemanfaatan teori graf? Kali ini STEM-Z akan membahas mengenai Social Network Analysis(SNA) yang masih berhubungan dengan teori graf, apakah sebelumnya pernah mendengar SNA tersebut? Social Network Analysis dapat difenisikan sebagai sebuah studi yang mempelajari tentang hubungan manusia dengan memanfaatkan teori graf. (Tsevetovat & Kouznetsov, 2011, hal 1). Dengan pemanfaatan teori graf tersebut membuat SNA mampu memeriksa struktur dari hubungan sosial dalam suatu kelompok untuk mengungkap hubungan informal antar individu.

Di dalam social network, individu akan digambarkan sebagai sebuah nodes atau titik, sedangkan relasi yang terjadi antar individu disebut sebagai dengan edges atau links. Digambarkan sebuah peta yang terdiri atas banyak orang dimana di dalamnya terdapat relasi antar individunya.

Untuk mempresentasikan informasi yang ada dalam SNA kita dapat menggunakan graf dan matriks, jika kita memilih graf, kita dapat menggunakan jenis graf yang berisi nodes atau titik untuk mempresentasikan aktor dan edges atau garis untuk mempresentasikan hubungan atau relasi yang disebut dengan socio-grams. Sedangkan Matriks yang digunakan yaitu Matriks Adjacency, di dalam Matriks Adjacency terdapat dua tipe, yaitu symmetric dan asymmetric.

Sedangkan dalam SNA ini terdapat empat cara untuk mengukur centrality, yaitu dengan degree centrality, betweeness centrality, closeness centrality dan eigenvector centrality. Sepereti Betweeness centrality merupakan cara untuk mengukur centarilty dalam suatu jaringan sosial yang memiliki rumus sebagai berikut:

σst= jumlah jalur terpendek dari s ke t

σst(v)  = jumlah jalur terpendek dari s ke t yang melewati simpul v.

Sedangkan closeness centrality adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengukur centrality dalam suatu jaringan sosial yang fokus terhadap seberapa dekat suatu aktor dengan semua aktor lainnya.

Metode SNA ini dapat diterapkan pada berbagai banyak bidang, misalnya dalam bidang antropologi, biologi, ilmu komunikasi, geografi, psikologim fisika, kimia dan sebagainya. SNA memiliki keunggulan dalam menggali dan mengkaji suatu situasai secara mendalam.

Seru tidak mengenai SNA ini? jika NextGeners ingin berinovasi dengan menggunakan SNA ini sangat banyak loh, karena ilmu kajian yang dapat digunakan SNA ini sangat luas sekali, apalagi dengan pesatnya perkembangan dan pengguna social media di era sekarang ini. jika NextGeners sangat ingin mendalami mengenai Social Network Analysis ini ini maka Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Business Mathematics.

Sumber Referensi:
https://www.researchgate.net/publication/265118647_Penerapan_Social_Network_Analysis_dalam_Penentuan_Centrality_Studi_Kasus_Social_Network_Twitter

https://media.neliti.com/media/publications/88704-ID-analisis-jejaring-media-sosial-untuk-pem.pdf

https://media.neliti.com/media/publications/468-ID-memahami-metoda-social-network-analysis.pdf

Sumber Gambar:

http://andrya.staff.telkomuniversity.ac.id/ego-network/

https://thenextweb.com/