Yuk Simak #CeritaMagang Ayu sebagai Energy Management Consultant

0
32
Internship Management Temporary Position Concept

Halo NextGeners, yuk kembali lagi kita membahas #ceritamagang mahasiswa STEM Prasmul. Kali ini, Ni Putu Ayu Narsih Sukmawati atau yang akrab disapa Ayu nih yang akan bagi pengalaman magangnya. Menariknya, Ayu magang di ranah industri yang terbilang baru dan sangat dibutuhkan kedepannya, ya industri manajemen energi.

Keseruan Magang sebagai Konsultan Manajemen Energi

Sebelumnya, kamu pernah bayangin enggak sih rasanya keliling gedung setinggi 40-an lantai seharian? Pastinya capek banget kan? Itulah yang dilakukan oleh Ayu saat diajak site-visit di gedung RDTX (Roda Vivatex Tbk), Kuningan, Jakarta Selatan.

Gedung RTDX. Courtesy of kontan.co.id

Bukan tanpa alasan, Ayu melakukan site visit bersama supervisor dan tim dalam rangka audit energi. Apakah kamu pernah dengar istilah ini? Kegiatan ini merupakan observasi dan audit kondisi gedung serta kesesuaiannya dengan standar yang ada. 

Pastinya observasi ini dilakukan untuk mendapatkan sertifikat green building, yang dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia. Jajaran manajemen gedung memerlukan green building ini dikarenakan beberapa alasan, salah satunya adalah efisiensi pengeluaran untuk energi.

Perusahaan Konsultan di Bidang Manajemen Energi

Tempat Ayu melakukan magang adalah PT Narama Mandiri, yang merupakan MEE (mechanical, electrical, and energy) consultant. Mereka berfokus pada green, efisiensi energi, dan sustainability untuk gedung dan industri. Bahkan, perusahaan ini telah berdiri selama 20 tahun lamanya.

Beruntungnya, Ayu berada di tempat yang tepat untuk belajar menjadi konsultan manajemen energi. Hal ini dikarenakan sangat sedikit perusahaan dengan  sumber daya yang mampu menerapkan konsep green building di Indonesia. 

Bagaimana Proses Ayu Hingga diterima Magang?

Diajar oleh faculty member (FM) atau dosen yang memiliki pengalaman dan koneksi di industri yang kaya menjadi salah satu keuntungan. Ayu mendapatkan informasi dan rekomendasi mengenai PT Narama Mandiri melalui dosen. 

Namun bukan berarti tanpa usaha, Ayu melewati proses yang cukup panjang, mulai dari mengirim lamaran hingga wawancara. Akhirnya, Ayu dan rekan satu jurusannya berhasil menjadi mahasiswa magang di perusahaan tersebut. Bukan hanya secara akademik dan nilai di kampus yang mengantarkan Ayu sampai di gerbang perusahaan konsultan ini. 

Proyek COMVAS (Computer Vision in HVAC System) yang digarap sebelumnya juga berkaitan dengan efisiensi energi, tak heran ia diterima di perusahaan yang juga berfokus pada bidang ini.

Berasal dari program studi Renewable Energy Engineering (REE), menciptakan tantangan bagi Ayu. Walaupun perkembangan energi terbarukan semakin cepat dan digadang-gadang menjadi future job oleh Business Insider, faktanya saat ini tidak banyak perusahaan di lini energi terbarukan yang membuka lowongan magang secara terbuka. Untunglah, di STEM Prasmul memiliki kerja sama dengan berbagai Industri yang memudahkan masuk ke industri masa depan ini.

Manfaat Magang Bagi Ayu

“Magang ini sangat bermanfaat, kek berasa vibes kerjanya” ujar Ayu. Bukan hanya kata semata, bak ‘kecanduan’ merasakan bekerja, Ayu tidak puas magang selama 3 bulan di PT Narama Mandiri. Saat ini Ia sudah diterima di PJCI (Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia) dan memulai magang setelah selesai di tempatnya sekarang. Padahal, magang yang diwajibkan oleh program studi hanya 3 bulan. 

Tidak heran dengan pilihan Ayu untuk menambah pengalaman di dunia Industri. Pasalnya, Ayu menuturkan manfaat saat melaksanakan magang. Pentingnya mengaplikasikan teori yang telah ia pelajari di kelas sangat menantang. Apalagi, di dunia kerja banyak studi kasus atau masalah yang berbeda dan diperlukan penyelesaian yang khusus juga.

Kamu juga mau seperti Ayu? Program studi Renewable Energy Engineering (REE) di STEM Prasmul merupakan satu-satunya di Indonesia yang berfokus energi terbarukan. REE bisa menjadi pilihan kamu loh! 

Suka dengan konten seperti ini? Tunggu edisi #ceritamagang selanjutnya dan jangan lupa bagikan ke teman-teman terdekat kamu! (Jus)