YikeBike! Perpaduan Sepeda Lipat dan Sepeda Listrik

0
14

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menjadi hobi tersendiri, banyaknya jenis sepeda membuat masyarakat memiliki pilihan tersendiri pada kendaran roda dua ini yang memiliki jenis sepeda gunung (MTB), sepeda balap, sepeda fixie, sepeda onthel, sepeda lipat, dll. Inovasi pada kendaraan roda dua ini tentunya juga terjadi, berkat sentuhan teknologi kini juga muncul sepeda listrik.

Keragaman sepeda dan kemajuan teknologi ternyata juga menghasilkan perpaduan desain sepeda yang baru juga, sepeda dengan inovasi terbaru itu adalah YikeBike. YikeBike ini pada dasarnya memiliki kerangka desain folding bike (sepeda lipat) dan YikeBike ini juga menggunakan kekuatan motor listrik (seperti sepeda listrik).

Sepeda ini merupakan sepeda yang berasal dari Selandia Baru. Yang pertama kali diluncurkan pada September tahun 2009 di EUROBIKE, Jerman. Namun sepeda ini sebetulnya sudah dipasarkan di masyarakat sejak awal tahun 2010. YikeBike ini walau memiliki mesin motor tetapi memiliki berat yang ringan, sekitar kurang lebih 9,8 kg (seperti jenis sepeda road bike Allu), saat dilipat, sepeda ini memiliki lipatan yang sangat rapi dan tidak membuatnya mudah untuk dibawa kemana-mana. YikeBike tersedia dalam dua jenis bahan sasisnya, yaitu serat karbon dan campuran antara aluminium dan komposit.

Dengan adanya baterai listrik pada YikeBike ini, sepeda ini mampu menempuh jarak sampai 10km, namun jika ditambahkan dengan baterai tambahan, YikeBike ini mampu menjangkau sampai 20 hingga 30km. Untuk mengisi daya baterai tersebut juga hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit (menggunkan alat charger yang cepat) atau 120 menit (menggunakan charger standar).

Ketika digunakan dalam posisi sepeda untuk digunakan, YikeBike memiliki tinggi minimal 162 cm dan tidak lebih dari 193 cm, sedangkan untuk keadaan terlipat akan memiliki ukuran sebesar tas punggung dan membutuhkan waktu melipatnya sekitar 15-20 detik. YikeBike ini juga dilengkapi dengan rem anti selip. Namun tentunya sepeda ini memiliki harga yang cukup mahal.

Bagaimana teman NextGeners setelah membaca artikel tentang kendaraan inovasi ini? jika kalian memiliki ide inovasi yang terkait seperti sepeda YikeBike tersebut, yuk ceritakan ide inovasi kalian di NextGen dan kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.vivacycle.com/

https://www.zonasepeda.com

http://www.yikebike.com/

Sumber Gambar:  

https://www.indiegogo.com/