VLOG Goes to School – Soon!

0
177

“… dunia berubah cepat sekali. Mestinya ada jurusan mengenai jaringan IT, membuat video blog, aplikasi, animasi, yang sedang in,” Jokowi menuturkan.”

Wow wow wow..
Koq bisa ya, Presiden Jokowi ngomong ini?

Ahh.. ternyata ini berasal dari data yang didapat beliau ketika membuka Koferensi Forum Rektor Indonesia, Kamis (2/2/2017), di JCC, Senayan. Faktanya (seperti dikutip dari www.tekno.kompas.com), ada 82 % Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di luar negeri merupakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Menurut beliau, perlu ada perbaikan pada sistem pendidikan kejuruan agar lulusannya memiliki skill yang kompetitif. Diantaranya adalah perlunya membuka jurusan baru di SMK yang bisa menjawab tantangan zaman, dan salah satunya adalah jurusan video blog atau vlog.

Lanjutnya lagi, merunjuk pada trend global, beliau juga berharap SMK bisa menyediakan jurusan retail untuk toko online (e-commerce).

“Kalau ada jurusan online store kita bisa mendidik anak-anak kita untuk membangun sebuah platform. Bagaimana Alibaba bisa membangun sebuah logistic platform dan retail platform yg sangat besar sekali dengan ratusan juta pengunjung seperti itu,” ia menjelaskan.

Wah.. mantap pak Presiden!
Bagaimana dengan kalian, para nextgeners?

Sumber:
Tekno – www.kompas.com (https://goo.gl/3wvpVG)