Viral Pertanyaan Cara Kerja WiFI untuk CEO TikTok

0
272

Halo sobat NexGener’s, kalian sudah mendengar berita tentang CEO TikTok belum? Belum lama ini, CEO TikTok, Shou Zi Chew menjadi sorotan banyak netizen setelah menghadiri sidang kongres di Amerika Serikat (AS) terkait rencana larangan penggunaan media sosial TikTok. Sidang berlangsung selama kurang lebih 6 (enam) jam, dimana Mr Chew menjawab setiap pertanyaan anggota Perlemen AS. Dari sekian banyak pertanyaan, ada satu pertanyaan yang menjadi bahan olokan di media sosial, yaitu pertanyaan terkait cara kerja WiFi.

Salah satu anggota parlemen perwakilan Republik Carolina Utara, Richard Hudson, bertanya kepada Mr Chew, kurang lebih begini diskusi yang terjadi jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

“Mr Chew, apakah TikTok mengakses jaringan WiFi rumah?” tanya Mr Hudson

“Hanya jika pengguna menyalakan WiFi,” kata Mr Chew. “Maaf, mungkin saya salah mengerti pertanyaanya?”

Diulangi kembali oleh Mr Hudson, “Jadi, jika saya memiliki aplikasi TikTok di ponsel saya, dan ponsel saya ada di jaringan WiFi rumah saya, apakah TikTok mengakses jaringan itu?”

“Itu harus, mengakses jaringan untuk mendapatkan konseksi ke internet,” jawab Mr Chew dengan ekspresi yang kebingungan akibat pertanyaan yang dilontarkan, “Jika itu yang anda maksudkan” lanjutnya

“Kalau begitu, mungkinkah TikTok dapat mengakses perangkat lain di jaringan WiFi rumah itu?” lanjut Mr Hudson dengan tegas

“Anggota kongres, kami tidak melakukan apapun yang berada di luar norma industri. Dengan yakin jawaban atas pertanyaan anda adalah tidak. Ini benar-benar bersifat teknis” jawab Mr Chew.

Momen tersebut akhirnya di potong menjadi clip dan beredar di media sosial. Kenapa ya anggota parlemen sidang menanyakan hal itu? Sebenarnya, tidak ada yang salah dari pertanyaan Mr Hudson, karena hal itu merupakan pertanyaan mendasar mengenai akses aplikasi TikTok yang menjadi pertimbangan larangan penggunaan aplikasi tersebut.

Cloud computing banner background for smart city

Cara Kerja WiFi

WiFi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yang berarti jaringan lokal nirkabel atau wireless local area networks – WLAN. Teknologi ini menghubungkan perangkat tanpa media sehingga bersifat sangat fleksibel dalam pemanfaatan di berbagai keperluan yang mampu menggantikan kabel-kabel jaringan mouse, charger hingga perkabelan lainnya.

Secara sederhana sistem kerja WiFi yaitu mengirimkan data menggunakan gelombang radio berwujud sinyal. Kemudian data akan terkirim ke router yang berfungsi sebagai decoder atau penerjemah kode. Setelah data selesai diterjemahkan akan dikirim ke dalam jaringan internet menggunakan koneksi ethernet. Jaringan WiFi bekerja secara dua arah, cara kerja juga berlaku pada arah yang berlawanan pada masing-masing data yang diterima dalam waktu bersamaan melalui router. Data disini dapat dalam bentuk yang berbeda-beda, data file gambar, video, dokumen, hingga paket data lainnya.

Itulah mengapa anggota parlemen menanyakan kemungkinan akses data diluar izin dilakukan oleh TikTok. Jawaban tegas oleh CEO TikTok telah meyakinkan anggota parlemen bahwa TikTok tidak melewati batas norma industri yang berlaku.

Kemungkinan penguasaan teknologi terhadap manusia atau bahkan suatu kelompok memiliki peluang yang cukup besar. Untuk itu, maru pahami teknologi dan gunakan secukupnya. See you in the next article!