Venova, Kesederhanaan Recorder dan Keindahan Saxophone

0
171

NextGeners pasti tahu salah satu alat musik tiup saxophone, alat musik yang sering menjadi bagian instrumen dari aliran musik Jazz ini memiliki alunan suara yang begitu indah, namun ketika kita melihat alat musik tersebut terlihat begitu sulit dan rumit memainkannya, karena  banyak sekali kunci-kunci pada alat musik tersebut. Tapi di tahun ini ada salah satu inovasi yang tidak jauh dari alat musik tiup, nama alat musiknya yaitu Venova.

Apa itu Venova? Venova merupakan inovasi alat musik tiup yang dibuat oleh Yamaha. Dibuat dengan teknologi yang inovatif, Venova memiliki struktur pipa bercabang yang unik, yang memberikan suara timbre yang jernih, memiliki berat yang sangat ringan dan lebih awet dibanding instrumen tiup lainnya. Venova ini memberikan nada suara yang merdu. Venovo ini merupakan pergabungan antara saxophone dengan recorder .

Venova merupakan pemenang dalam ajang Good Design Award 2017 di Jepang. Asal nama Venova itu adalah penggabungan dari dua bahasa Latin “ventus” yang berarti angin, dan “nova” yang berarti baru. Kalau NextGener tahu, Venova masih mempertahankan beberapa aspek tradisional seperti corong peniupnya dan lubang kunci pada alat musik tersebut. Tapi bentuk Venova secara signifikan lebih pendek dengan struktur pipa bercabang yang unik.

Seperti saxophone atau klarinet, Venova merupakan instrumen single-reed (lubang peniup) yang menghasilkan nuansa suara yang berbeda tergantung pada bagaimana kita meniupnya.  Penggunaan yang mudah membuat alat musik ini cocok untuk pemula, bentuk desain venova yang kecil dan praktis membuatnya mudah dibawa kemana-mana dengan berat yang hanya 180g dan ukuran panjangnya 460mm.

“Yamaha memecahkan masalah baru dengan Instrumen tiup Venova yang inovatif dan unik,” ungkap Matt Kerns, manajer pemasaran B & O Accessories, Yamaha Corporation of America.

“Dirancang untuk menjadi alternatif yang murah dan mudah digunakan untuk alat musik tiup, desain Venova memadukan kesederhanaan recorder dengan suara Saxophone yang kaya. Hasilnya adalah instrumen yang mudah dimainkan dan memiliki suara yang indah.

Bagimana NextGeners dengan inovasi desain untuk alat musik tiup satu ini? kalo STEM-Z lihat bentuk desainnya keren banget, ditambah bentuknya yang kecil membuat kita bisa dengan mudah membawanya kemana-mana saat bermain dan liburan bersama teman-teman.

Apakah NextGeners punya ide inovasi seperti yang dilakukan oleh Yamaha dalam membuat alat musik tiup venova?

Kalau ada kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering

 Sumber Referensi:

https://www.benzinga.com/pressreleases/17/09/p10025511/yamaha-introduces-venova-a-casual-wind-instrument-thats-ultra-portable

https://www.designboom.com/design/yamaha-casual-wind-instrument-wins-2017-japan-good-design-grand-award-11-03-2017/

https://europe.yamaha.com/en/products/musical_instruments/winds/casual_wind_instruments/venova/index.html

Sumber Gambar:

https://www.designboom.com