Unicorn Start Up Dari Indonesia

0
108
Mans hand drawing Startup concept on white notebook

Apakah NextGeners pernah mendengar istilah Unicorn dalam Start Up? Unicorn disini bukan mahluk mitologi berupa kuda yang memiliki tanduk ya. Unicorn Start Up adalah sebutan bagi barisan start up yang telah memiliki valuasi diatas USD 1M – atau setara dengan Rp.13,5 triliun. Jadi bagi para pelaku start up baik di dalam negri maupun di luar negri bila valuasinya diatas USD 1M bisa masuk dalam kategori Unicorn Start Up. Setelah NextGeners tahu apa artinya, pasti muncul kembali pertanyaan baru dari pengertian diatas, yaitu ada kata “valuasi”, pasti banyak yang belum tahu kan?

Dilansir dari halaman DailySocial “valuasi merupakan nilai dari suatu Start Up. Karena umumnya Start Up itu masih tergolong semi-enterprise, biasanya nilai valuasinya ditentukan berdasarkan peretujuan antara founder dengan investor. Tidak ada perhitungan yang saklek untuk menentukan valuasi.  Umumnya investor memiliki benchmark internal dan prosedur penghitungan valuasi, mulai dilihat dari kapabilitas founder/co-founder, produk yang dipasarkan, traksi pengguna hingga potensi produk tersebut ke depan.”

Jadi sekarang NextGeners sudah mulai paham dengan istilah-istilah dalam Start Up, di Indonesia sendiri memang sudah banyak para pelaku Start Up baik yang baru memulai maupun sudah berkembang. Sektor-sektor dari Start Up seperti penjualan, tiket, transportasi, makanan dsb. Dari banyak Start Up di Indonesia sudah ada 4 yang berhasil masuk ke dalam Unicorn Start Up yaitu Tokopedia, Gojek, Traveloka, dan Bukalapak. Ke empat Start Up tersebut berhasil menembus nilai valuasi diatas Rp.13,5 triliun. Besar sekali kan NextGeners valuasi dari Start Up dari Indonesia ini.

Untuk ranking dari ke empat Start Up tersebut adalah:

  1. Tokopedia, dengan nilai valuasi Rp 50 triliun.
  2. Gojek, dengan nilai valuasi Rp 40 triliun.
  3. Traveloka, dengan nilai valuasi Rp 26 triliun.
  4. Bukapalak, dengan nilai valuasi sekitar Rp 15 triliun.

Sungguh angka yang fantastis walau mereka masih terhitung baru di dunia Start Up, hebatnya lagi berdasarkan data yang dilansir dari halaman strategimanajemen.com  jumlah Unicorn Strart Up Indonesia jauh lebih banyak dibanding dengan Perancis (hanya ada 1) dan Italia (hanya ada 1). Hebat kan NextGeners? Peluang Start Up memang sangat besar bila kita membuatnya dengan sungguh-sungguh.

Apakah NextGeners siap untuk membuat Start Up berikutnya? Kalau iya kita tunggu Start Up yang Inovatif dari NextGeners dan siap menjadi Unicorn Start Up

Sumber Referensi:

http://strategimanajemen.net/2017/12/11/4-unicorn-start-up-indonesia-dan-pelajaran-gila-tentang-valuasi-digital-business/

https://tirto.id/melihat-perjalanan-4-startup-unicorn-asal-indonesia-cAdQ

https://en.wikipedia.org/wiki/Unicorn_(finance)

Sumber Gambar:

https://financialtribune.com