Turbin Angin Raksasa di Dunia (Memanen Energi Jauh Lebih Banyak)

0
22

Jika kalian semua pernah melihat turbin angin kira-kira seberapa besar yang pernah dilihat? Rata-rata kalau dilihat tingginya seperti tiang-tiang listrik, namun bagaimana jika ada sebuah turbin angin yang sangat besar dan tingginya melebihi rumah dua lantai? Besar banget pastinya kan. General Electric sebuah perusahaan raksasa asal Amerika Serikat inilah yang memutuskan untuk menguji turbin angin lepas pantai terbesar di dunia yang dilakukan di fasilitas uji di Inggris.

General Electric telah melakukan kerjasama dengan perusahaan asal Inggris OREC (Offshore Renewable Energy Catapult Ltd.) dalam melakukan penelitian dan pengembangan Turbin raksasa yang bernama Haliade-X. Turbin terbesar dunia ini beroperasi di pantai lepas Aberdeen awal bulan ini dengan kapasitas kurang dari 9MW. General Electric percaya bahwa turbin yang memiliki tinggi sekitar 350 kaki ini bisa lebih efisien daripada pembagnkit angin lepas pantai yang ada saat ini dengan menghasilkan lebih banyak tenaga dari kecepatan angin yang lebih rendah denan putaran diameter 720 kaki.

Inggris berencana untuk mengembangkan kapastias angin lepas pantai dengan cepat, dengan perkiraan pertumbuhan hingga 30 gigawatt pada tahun 2030 ( lima kali lebih besar dari kapasitas saat ini). Menteri Energi Claire Perry mengutip kontrak antara General Electric dan OREC sebagai contoh cemerlang dari fasilitas penelitian dan pengujian lanjutan negara ini (Inggris).

Selain persetujuan pengujian resmi tersebut, perjanjian juga mencakup pendanaan dari innovate K dan dana pembangunan regional Eropa untuk menciptakan sistem emulasi grid paling kuat di dunia di kantor pusat Blyth OREC. General Electric bergerak untuk mengembangkan turbin besar mengikuti trn umum di Industri, di mana produsen bertujuan untuk menciptakan turbin terbesar untuk mengurangi biaya energi yang dihasilkan dan untuk meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan pada setiap turbin. Dengan uang yang dihasilkan, masa depan energi angin akan terlihat lebih besar dari sebelumnya.

Dari penjelasan diatas dapat kita lihat jika energi terbarukan akan menjadi kebutuhan yang sangat dibutuhkan kedepannya, jika kalian tertarik dengan energi terbarukan, maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Entrepreneurial Energy Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.telegraph.co.uk/business/2018/04/24/general-electric-trial-worlds-largest-wind-turbines-uk/

https://inhabitat.com/general-electric-to-debut-worlds-largest-wind-turbine-in-uk/

https://www.reuters.com/article/us-britain-windpower/general-electric-to-trial-worlds-largest-wind-turbine-in-britain-idUSKBN1HV1BU

Sumber Gambar:

https://www.genewsroom.com