Tuangkan Ekspresi Seni Lukismu dalam Ruang Virtual

0
113

Dunia Virtual Reality yang terus berkembang ternyata juga mempengaruhi sisi dunia seni, apakah NextGeners pernah dengar aplikasi Tilt Brush? Tilt Brush mreupakan sebuah aplikasi Virtual Reality (VR) yang memungkinkan kita melukis melalui perspektif yang baru. Menarik bukan NextGeners ketika kita dapat menggambar melalui perspektif yang baru dalam ruang tiga dimensi.

Tilt Brush merupakan aplikasi yang dibuat oleh Google yang sudah di rilis pada 5 April 2016. NextGeners pasti tahun kalau Google sendiri telah memiliki headset VR yang disebut dengan Google Cardboard, yang terdiri dari kardus, smartphone, dan dua lensa. Meski dibuat oleh Google, namun sayangnya Tilt Brush tidak mendukung Google Cardboard. Sebaiknya, aplikasi ini mendukung platform gaming steam, yang mendukung headset VR HTC Vive dan Tilt Brush juga tersedia di untuk headset VR Oculus.

Andrey Doronichev, Group Product Manager Google VR mengatakan “Salah satu dari bagian terbaik tentang media baru hanya dengan melihat semua kemungkinan. Jadi, kami membawa Tilt Brush ke laboratorium  di Google Cultural Institute, sebuah ruang di Paris yang diciptakan untuk membawa teknologi dan orang-orang kreatif bersama-sama untuk menemukan cara baru untuk pengalaman seni. Sejak itu, seniman di seluruh dunia dan bagian lain telah datang untuk eksplorasi gaya mereka dalam VR untuk pertama kalinya”.

Dengan Tilt Brush, kita akan diajak mengelilingi sebuah ruang virtual yang mana pengguna dapat menciptakan karya seni melalui bermacam kuas yang telah disediakan. Untuk melukisnya, kanvas yang digunakan sebenarnya adalah ruang di dalam dunia Virtual Reality tersebut, kita bisa melangkah maju, mundur, atau sesuka kita dengan memasuki dimensi lukisan virtual yang kita ciptakan. Karena kita melukis di lakukan di dalam dunia virtual, maka material untuk melukisnya pun tidak biasa, seperti lahar panas, bintang, butiran salju dan lain-lainnya.

Salah satu animator/ilustrator dari rumah produksi animasi Walt Disney yaitu Glen Keane (yang sukses dengan film Tarzan, The Little Mermaid, Aladin, Beauty and The Beast dsb)melakukan sketsa salah satu karakter Disney yaitu Ariel dari The Little Mermaid dengan menggunakan Tilt Brush dalam acara The Late Late Show. Untuk melihat proses Glen Keane saat membuat karakter Ariel dalam video dibawah ini:

Bagaimana NextGeners melihat seorang ahli animator dari Disney yang mengkreasikan karyanya melalui Virtual Reality? Keren pastinya kan.

Kebebasan untuk bergerak dalam ruang 3D akan menciptakan kedalaman dan paralaks yang sangat baik saat kita menggambar karakter. Aplikasi Tilt Brush memberi kesempatan kepada para animator untuk menguji dengan lebih baik bagaimana karakter mereka terlihat dalam 3D.

Bagaimana NextGeners mengenai terobosan inovasi dalam bidang seni ini? melukis dan menggambar dalam Virtual Reality memberikan ruang tanpa batas, sehingga imajinasi para seniman akan semakin luas dan dapat bebas berekspresi.

Apakah NextGeners sendiri ingin mengenal teknologi dalam Virtual Reality dan mendalami bidang seni lukis dalam VR kemudian menciptakan hasil seni yang menarik? Jika iya kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

https://chromplex.com/google-tilt-brush-membawa-lukisan-tiga-dimensi-kedalam-virtual-reality/

https://www.beritateknologi.com/tilt-brush-aplikasi-baru-milik-google-yang-memungkinkan-menggambar-di-dunia-vr/

https://io9.gizmodo.com/watch-a-legendary-disney-animator-draw-ariel-from-the-l-1821124473

Sumber Gambar:

https://www.tiltbrush.com/air/

(Featured Image)https://Thegamefantastics.com