Tidak ada lagi air mata dengan bawang ini

0
40

Adakah NextGeners yang memiliki hobi memasak? Jika ada pasti kalian sudah sering mengalami keluarnya air mata sangat menngiris bawang merah dan juga bawang bombay. Tidak bisa dipungkiri lagi kejadian alamiah ini pasti selalu terjadi. Penyebab bawang dapat membuat kita mengeluarkan air mata itu karena ketika sebuah bawang itu dipotong mereka akan mengeluarkan sebuah enzim yang disebut dengan propanethial sulphoxide yang memproduksi gas, ketika gas tersebut mengenai mata kita, gas akan melakukan reaksi dengan air mata yang kemudian menghasilkan asam yang bernama sulphuric acid dalam kadar yang ringan, kemudian otak mengirimkan sinyal ke kelenjar air mata untuk menghasilkan lebih banyak lagi cairan agar gas dan zat asam tersebut keluar dari mata, karena dianggap sebagai benda asing.

Walau banyak tips dan trik agar tidak mengeluarkan air mata saat memotong bawang bombay dan merah namun masih terasa kurang efisien. Tetapi sekarang ini telah lahir sebuah terobosan yang inovatif dengan adanya bawang bombay yang tidak akan membuat kita menangis lagi. Bawang bombay yang memiliki slogan Tearless and Sweet ini dihasilkan dari para peneliti dari perusahaan Sunions. Seperti yang diucapkan oleh manajer Food & Wine Kelsey Youngman, “memotong bawang bombay tidak lagi sambil menangis berkat ciptaan sunions. Saat memotong bawang bombay, mataku tidak merasakan apa-apa”. Dia juga menambahkan kalau bawang bombay sunion memiliki pengurangan pelepasan senyawa yang membuat mata pedih dan menangis hingga 80 sampai 90 persen, ini merupakan pencapaian yang cukup besar.”

Rasa bawang milik sunion ini memiliki rasa yang lebih manis, juga tekstur yang lebih renyah dan lebih enak dibandingkan bawang lainnya. Untuk menghasilkan terobosan ini, sunion telah melakukan penyilangan bawang bombay sudah cukup lama, yaitu sejak tahun 1980-an. Pengembangannya dari bawang ini juga tidak dilakukan dengan modifikasi genetik loh, persilangan yang dilakukan adalah alami.Dengan kemajuan teknologi mereka menggunakan kromatografi gas untuk mengidentifikasi senyawa bawang bombay yang paling mudah menguap, membuat seseorang menangis.

Terobosan bawang bombay sunion ini pertama kali ditemukan di Nevada dan Washington, masa panen untuk bawang-bawang ini adalah akhir musim panas dan awal musim gugur wialyah Nevada dan Washington. Bawang ini juga rencananya akan mulai dikomersialkan pada awal tahun ini.

Bagaimana menurut NextGeners mengenai inovasi bawang bombay yang tidak akan membuat kita mengeluarkan air mata ? sangat menginspirasi pastinya ya. Jika NextGeners ingin berinovasi seperti para peneliti dari sunion yang berhasil menciptakan bawang bombay yang tidak mengeluarkan air mata, maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Sumber Referensi:

https://www.vemale.com/ragam/110968-sunion-bawang-yang-nggak-bikin-nangis-saat-dikupas.html

https://news.trubus.id/post/terobosan-baru-bawang-bombay-anti-menangis-5539

https://www.vemale.com/kesehatan/92092-mata-berair-saat-mengiris-bawang-merah-ini-penyebabnya.html

Sumber Gambar:

http://www.iheartsunions.com