The Immitation Game, Mempelajari Mesin Kriptografi Enigma

0
86

Bagi para penggemar film pasti tidak asing dengan salah satu film yang rilis pada tahun 2014 yaitu The Immitation Game, film yang mendapatkan rating  91% dari Rotten Tomatoes dan 8 dari IMDb ini merupakan film bergenre thriller/drama. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang ahli matematika asal Inggris yaitu Alan Turing.

Film yang disutradari oleh Morten Tyldum ini ceritanya ditulis berdasarkan hasil karya Andrew Hodges berjudul Alan Turing: The Enigma, yang kemudian ditulis ulang oleh Graham Moore dalam bentuk naskah film. The Immitation Game ini juga dibintangi oleh aktor-aktor kawakan hollywood, seperti Benedict Cumberbatch yang berperan sebagai Alan turing, Keira Knightley sebagai Joan Clarke, Matthew Goode sebagai Hugh Alexande dan lain-lain.

Kemenangan sekutu dalam Perang Dunia dikisahkan Tyldum lewat sosok Alan Turing. Ia pemuda 27 tahun yang genius di bidang Matematika. Turing berprofesi sebagai dosen di King College, Cambridge. Hobinya memecahkan teka-teki.
Suatu hari, langkah Turing sampai di Bletchey Park, lokasi pembuatan radio.

Di balik itu, ada sebuah misi militer super rahasia yang diincar Turing. Ia ingin memecahkan kode Enigma. Penuh percaya diri dan kesombongan, Turing yakin bisa mengenkripsi kode komunikasi pasukan Jerman. Meskipun, ia tak pernah bisa bahasa Jerman.
Turing yang selama ini sangat penyendiri, harus bergabung dalam sebuah tim kecil yang terdiri atas orang-orang terbaik di Inggris. Bertahun-tahun, mereka berupaya melampaui 159 Juta kemungkinan pecahnya kode Enigma.

Berbagai gejolak dia lalui dan dia terus maju. Turing menggagas mesin pintar yang bisa mengenkripsi kode sesulit apa pun, tak hanya Enigma.

Apakah NextGeners kenal dengan mesin Enigma? Mesin Enigma adalah sebuah mesin penyandi yang digunakan untuk mengenkripsikan dan mendekripsikan pesan rahasia. Enigma dipatenkan oleh insinyur Jerman Arthur Scherbius, dan awalnya digunakan untuk tujuan komersial, namun nantinya terkenal karena digunakan oleh tentara dan pemerintah Jerman Nazi sebelum dan selama Perang Dunia II. Secara teknis, mesin Enigma termasuk keluarga mesin rotor elektromekanik, yang memiliki berbagai model. Nama Enigma diambil dari kata Latin aenigma, yang artinya teka-teki.

Enigma digadang-gadang sebagai mesin sandi teraman di dunia, karena mekanisme sandi berlapis (lapis 9) dan dapat dirubah-rubah yang membuat setiap karakter dalam pesan memiliki 1,59 x 10^14 kemungkinan penyelesaian.

Secara matematis, proses enkripsi maupun dekripsi pada Enigma dapat dinyatakan sebagai berikut, Misalkan :

Film  The Immitation Game juga meraih tujuh nominasi dalam Academy Awards 2015. Kalau NextGeners ingin menjadi ahli dalam bidang kriptografi ada baiknya kalian yang belum menonton film The Immitation Game wajib melihat film ini, mungkin nanti NextGeners dapat membuat kode-kode kriptografi yang baru.

 

Kalau begitu Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Business Mathematics

 Sumber Referensi:

http://style.tribunnews.com/2016/10/31/sinopsis-the-imitation-game-kisah-sang-jenius-matematika-pecahkan-sandi-rahasia-jerman?page=all

http://www.serupedia.com/2015/02/the-imitation-game-kisah-alan-turing-si.html

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20150116180547-220-25243/the-imitation-game-memenangkan-perang-dengan-teka-teki/

http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/19110/Jurnal%20Enigma%201506.pdf?sequence=1https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_Enigma

Sumber Gambar:

http://www.penggagas.com/

http://global.liputan6.com

(featured image) denofgeek.com