Terpilih Ikut Apple Academy, Mahasiswa STEM Prasmul Ini Bocorkan Tips Lolos Seleksinya

2
52

Penggunaan teknologi digital kini semakin tinggi. Apalagi saat pandemi seperti ini. Hampir setiap kegiatan yang kita lakukan memanfaatkan aplikasi digital. Baik untuk bekerja, belajar, bahkan sampai bersosialisasi. Karenanya kebutuhan akan adanya sumber daya yang dapat mengembangkan aplikasi digital kedepannya semakin besar.

Apple Academy hadir dan memberi kesempatan pada generasi muda untuk menjawab kebutuhan akan adanya berbagai aplikasi digital berkualitas. Di program tersebut, para developers muda akan diberi kesempatan mengasah hardskill dan softskill dengan fasilitas terbaik. Tapi untuk bisa masuk ke program ini setiap orang wajib mengikuti seleksi yang tidak mudah. Bahkan bisa dibilang seleksi Apple Academy adalah salah satu yang tersulit.  

Apple Academy menerapkan seleksi yang ketat. Mulai dari tahap administrasi, logika dasar programming, hingga wawancara. 

Bagi kamu yang menyukai dunia teknologi mungkin sudah gak asing dengan nama Apple Academy. Apple Academy merupakan program scholarship-internship yang berfokus pada keterampilan programming, design dan professional. Dengan adanya program ini diharapkan akan muncul banyak banyak developer yang menguasai pengembangan aplikasi berbasis iOS.

Nah, setiap tahunnya Apple Academy menerima hanya 200 peserta saja. Padahal seleksi program ini diikuti oleh ribuan pelamar. 

Di tahun 2021, Valen Meicella Ishen mahasiswi prodi Digital Business Technology (DBT) STEM Prasetiya Mulya berhasil mengamankan satu kursi di Apple Academy. Usai menjalani serangkaian seleksi panjang yang dilaksanakan pada 31 Mei hingga 16 Juli, Valen secara resmi akan mengikuti program ini selama sepuluh bulan mulai Februari 2022 sampai Desember 2022. 

“Iya jadi awalnya aku ikutan proses administrasi. Di sini kita perlu submit portofolio sesuai dengan spesialisasi yang akan kita ambil. Baru setelahnya aku mengikuti tes logika dasar programming, dan interview ” kata Valen.

Ini 4 kunci rahasia lolos di setiap tahap seleksi Apple Academy

Tingginya minat pada Apple Academy tentu bukan alasan. Selain benefit menggiurkan seperti memperoleh device Apple, koneksi dengan expert internasional, dan akses ke platform berbayar. Label sebagai “alumni Apple Academy” tentu akan membuat pemiliknya memiliki nilai jual lebih saat lulus nanti. 

Karenanya untuk memenangkan kompetisi yang tinggi pastikan kamu sudah:

  1. Perbanyak portofolio sesuai spesialisasi yang akan diambil saat mengikuti program Apple Academy, karena akan sangat membantu pada tahapan seleksi administrasi. 
  2. Usahakan tetap tenang saat mengerjakan soal logika dasar dan basic programming.
  3. Cari kakak tingkat yang pernah mengikuti program ini, lalu tanya bagaimana pengalaman mereka sehingga kalian punya gambaran seperti tes dan pelaksanaan program tersebut.
  4. Terus berlatih untuk persiapan setiap rangkaian seleksi karena practice makes perfect.

Sumber

2 COMMENTS