Ternyata Lobak Bisa Menjaga Kesehatan Kita Loh!

0
117

Akar namun dapat dikonsumsi? itulah lobak. Lobak merupakan salah satu umbi-umbian yang seluruh bagian tubuhnya dapat dikonsumsi mulai dari akar, daun, bunga, dan juga buahnya. Umbi serbaguna ini dapat tumbuh di segala musim. Namun tetap saja kondisi lobak yang tumbuh dipengaruhi oleh perbedaan musim, kondisi keasaman tanah, dan kelembaban udara. 

Lobak merupakan umbi yang biasa kita temui di pasar dan supermarket, namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa lobak yang biasanya kita konsumsi merupakan modifikasi dari akar tunggang lobak itu sendiri.

Modifikasi akar tunggang mengubah bentuk akar lobak menjadi bentuk fusiform. Akar lobak mengalami modifikasi karena akar tersebut dapat menyimpan makanan sehingga akar yang sebelumnya berbentuk runcing dan tumbuh lurus ke tanah mengalami perubahan dimana bagian tengah dari akar lobak jadi membesar dan bagian ujung akar lobak menjadi tajam. 

Courtesy of aisyahtyasmaharani.com

Bagian tubuh lain dari lobak yang menarik adalah buah lobak. Buah lobak berbentuk polong yang memiliki rasa pedas dan rasa lobak yang kuat. Selain akar dan buah, daun lobak juga dapat dikonsumsi. Daun lobak mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi  sehingga berguna untuk mengobati penyakit kulit dan ginjal.

Apa aja sih kegunaan lobak? 

Courtesy of alsagarden.com

Buah lobak memiliki sitotoksisitas yang tinggi terhadap sel kanker HCT116 (sel kanker usus besar) sehingga dapat mematikan sel kanker tersebut. Dalam ilmu kesehatan, lobak memiliki efek antidiabetes karena rendahnya tingkat indek glikemik pada lobak yang dapat mencegah kenaikan gula darah pada tubuh.

Selain itu, senyawa antioksidan pada lobak, yaitu isothiocyanate dan flavonoid, dapat melindungi tubuh dari  paparan radikal bebas  sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan sel-sel dalam tubuh dan menjaga sistem kardiovaskular yang dapat memberikan perlindungan dari penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung.

Masih dalam bidang kesehatan, akar lobak juga berguna untuk kesehatan kulit. Akar lobak dapat digunakan dalam pembuatan masker, sampo, dan perawatan kulit lainnya. Kandungan antioksidan dan antibakteri di dalamnya membuat lobak dapat meredakan kemerahan pada kulit, dapat mengatasi jerawat yang tumbuh pada kulit muka, dan dapat mengobati kulit kering.

Lobak bisa diolah jadi apa?

Sama seperti beberapa sayuran lainnya, lobak juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang tentunya sangat baik untuk kesehatan kita. Biasanya, kebanyakan orang menambahkan lobak ke dalam berbagai masakan rumah, seperti sup atau tumis-tumisan. Namun, banyak orang yang belum mengetahui kalo lobak dapat diolah menjadi makanan kering (lobak kering), acar, salad, bahkan kue, gimana unik kan?

Selain diolah menjadi makanan yang disebutkan sebelumnya, akar lobak dapat dibuat menjadi minuman juga loh! Kita dapat mengolahnya menjadi jus lobak. pembuatan jus lobak sendiri sangat mudah loh!

Caranya sama seperti kalian membuat jus pada umumnya sehingga bisa dilakukan dirumah. Namun, sebelum diolah, lobak harus diberikan pre-treatment terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau langu dan rasa pahit pada lobak.

Buang bagian pangkal lobak dan kupas kulitnya, lalu potong lobak hingga menjadi beberapa bagian. Setelah itu, rendam lobak dalam air garam untuk menghilangkan getah dan bau langu pada lobak. Kemudian, rebus lobak sebentar agar rasa pahitnya hilang dan lobak siap diolah menjadi jus. Berikut resep untuk membuat  jus lobak yang mudah dan praktis.

Alat dan bahan yang diperlukan:

  1. Dua buah lobak putih yang telah matang
  2. Satu sdm sirup gula atau gula cair
  3. Air secukupnya
  4. Es batu secukupnya
  5. Blender

Langkah-langkah membuat jus lobak:

  1. Cuci lobak hingga bersih dan kupas kulitnya.
  2. Potong lobak dengan ukuran sedang menjadi beberapa potong.
  3. Masukan semua bahan ke dalam blender dan haluskan hingga semuanya tercampur.
  4. Pisahkan serat dan air jus lobak.
  5. Kemudian, tuangkan ke dalam gelas dan Jus Lobak siap disajikan.

Gimana, mudah kan? Untuk membuat jus terasa lebih enak dan segar, pastika lobak yang digunakan dalam keadaan baik dan tidak rusak, kalian juga bisa menambahkan bahan lainnya pada Jus Lobak, selamat mencoba semuanya!

Referensi

Adha, T. (2021). Tips Cerdas Olah Lobak Putih Tanpa Langu dan Pahit. Diakses pada tanggal 4 Januari 2022 dari : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/327422/tips-cerdas-olah-lobak-putih-tanpa-langu-dan-pahit

Banihani, S.A. (2017). Radish (Raphanus sativus) and Diabetes. Diakses pada tanggal 20 Desember 2021 dari : https://www.mdpi.com/2072-6643/9/9/1014/htm

Gupta, A. (2012). DIY Beauty : Radish . Diakses pada tanggal 20 Desember 2021, dari : https://www.femina.in/beauty/beauty-booty/diy-beauty-radish-631.html

Pangesti, D. (2021). 8 Resep Olahan Lobak Enak Ala Rumahan, Sederhana, dan Menggugah Selera. Diakses pada tanggal 21 Desember 2021 dari : https://www.briliofood.net/resep/8-resep-olahan-lobak-enak-ala-rumahan-sederhana-dan-menggugah-selera-2101226.html

Pocasap, P., Weerapreeyakul, N., & Barusrux, S. (2013). ‘Cancer preventive effect of Thai rat-tailed radish (Raphanus sativus L. var. caudatus Alef)’. Journal of Functional Foods 5(3):1372-1381 [Online]. Diakses pada tanggal 20 Desember 2021 dari : https://www.researchgate.net/publication/270864597_Cancer_preventive_effect_of_Thai_rat-tailed_radish_Raphanus_sativus_L_var_caudatus_Alef

Setiaputri, K.A. (2021). Manfaat Lobak Putih dan Cara Mengolahnya. Diakses pada tanggal 21 Desember 2021 dari : https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-lobak-putih-kesehatan/