Tepung Roti Kecoak yang kaya akan Protein

0
34

Bagaimana jadinya jika serangga kecoak digunakan sebagai bahan untuk tepung roti? Pasti NextGeners membayangkan jijik. Eits tapi tenang dulu, karena kecoak yang digunakan ini bukanlah kecoak yang suka berkelairan di rumah kalian ataupun di gorong-gorong selokan, kecoak yang digunakan adalah kecoak udang atau yang memiliki nama latin Nauphoeta cinerea.

Kecoak udang ini merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. Produk yang dikembangkan oleh peneliti dari Brasil ini merupakan salah satu inovasi untuk mengatasi kekurangan pangan dan masalah ketersediaan protein yang diperkirakan tidak dapat memenuhi kebutuhan manusia. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), pada tahun 2050, sektiar 9,7 miliar oang akan hidup di Bumi. Pertumbuhan penduduk yang cepat inilah yang membuat PBB mengenalkan serangga dalam susunan makanan manusia.

Kecoak udang berkembang baik dengan mudah dan cepat jika dipelihara dalam ruang yang tertutup. Protein yang dimiliki kecoak udang ini lebih tinggi dari daging merah. Memiliki 70 persen protein dalam komposisinya, yang berarti lebih banyak 50 persen dibanding daging merah. Kecoak ini juga sudah hidup selama jutaan tahun dan juga tetap mempertahankan sifat genetikanya mestikpun telah melewati evolusi. Andressa Jantzen dari Federal University of Rio Grande (FURG) Brasil Selatan menejelaskan “Mereka (kecoak udang) pastinya memiliki sesuatu yang benar-benar baik karena dapat melewati evolusi tanpa bantuan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan”.

Bekerja sama dengan insinyur pangan Lauren Menegon, Andressa menghasilkan tepung dari kecoak udang kering seharga 51 dollar amerika atau sekitar RP 750 ribu perkilo nya. Untuk roti nya hanya menggunakan 10 persen tepung serangga, sisanya adalah produk gandum biasa.

Dari temuan tersebut, roti yang dibuat dengan tambahan 10% kecoa cinerea terbukti 49.16% kandungan proteinnya meningkat dibanding tepung biasa. Tak hanya itu, tepung ini bisa dijadikan formula makanan apa pun! Cukup menambahkannya sedikit saja.

Kalau menurut NextGeners bagaimana, apakah ingin mencoba roti yang terbuat dari tepung kecoak ini? atau juga ingin membuat inovasi di bidang pangan? yuk NextGeners kita tunggu untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

 Sumber Referensi:

http://nationalgeographic.grid.id/

https://sains.kompas.com/ –

https://lifestyle.okezone.com/

Sumber Gambar:

Munchies