Teori Charles Darwin ‘Berlaku’ di Masa Pandemi?

0
20
Burung Finch, Sumber: Jawa Pos

Salah satu fenomena yang pernah diamati oleh Charles Darwin adalah populasi burung finch. Di Amerika hanya ada sedikit spesies burung finch, namun ketika pergi ke Kepulauan Galapagos, segala jenis spesies Burung Finch bisa ditemukan dengan mudahnya. Alasan mengapa Burung Finch bisa tumbuh di Kepulauan Gallapagos adalah karena burung tersebut nyaman dan bisa hidup dengan baik pada setiap kondisi pulau, yang dilihat dari bentuk paruh yang berbeda di setiap pulaunya.

Sama halnya dengan manusia yang mulai mengalami revolusi industri dengan mesin uap, lalu di tahun 2021 ini, komputer sains dan teknologi mulai berkembang dengan pesat. Mereka yang hanya duduk termenung menunggu hujan emas datang dan tidak mencoba untuk berevolusi akan tertinggal.

Di tahun 2020,  seperti yang kita tahu, pandemi masuk ke Indonesia dan menghancurkan mayoritas sektor ekonomi yang ada di negara ini. Di sisi lain, start-up seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan e-commerce lainnya semakin berjaya dengan banyaknya checkout dari pelanggan di seluruh Indonesia.

Inilah salah satu bukti bahwa seleksi alam, salah satu teori Charles Darwin berlaku di sini. Semakin tingginya cara pemasaran suatu produk, semakin besar juga peluang bagi pelanggan untuk membeli suatu barang. Dari sinilah terbukti bahwa teknologi begitu dibutuhkan sekarang untuk bisa mempermudah pemasaran, pembukuan, dan penjualan barang.

Selain di bidang ekonomi, pandemi yang merajalela membuat pelajar Indonesia harus belajar dari rumah. Orang-orang yang bekerja juga harus mengalami fase work-from-home dari saat awal pandemi mulai masuk ke Indonesia. Di sinilah aplikasi seperti Zoom, Google Meet, dan aplikasi teleconference lain mulai booming dan datang untuk mempermudah masyarakat dari berbagai lapisan kelas.

Suatu fenomena yang juga tidak kalah penting adalah peningkatan kualitas kesehatan dengan sains dan teknologi yang canggih. Vaksinasi sudah dilakukan di hampir seluruh wilayah Indonesia, berbagai upaya tes (PCR, Swab, dan GENOSE) hadir sebagai salah satu bentuk nyata dari sains dan teknologi yang berguna bagi kemajuan kesehatan.

Oleh karena itu, jadilah seperti burung finch yang beradaptasi pada segala kondisi yang ada di setiap pulau di Kepulauan Galapagos. Kita mungkin tidak bermutasi dengan cepat seperti burung finch, namun manusia memiliki kemapuan beradaptasi yang lebih baik. Sains dan teknologi membantu manusia meningkatkan kualitas ekonomi, sosialisasi, serta kesehatan yang memudahkan kehidupan masyarakat luas.