Teknologi Li-Fi 100 kali Lebih Cepat dari Wi-Fi

0
60

Sudah pernah mendengar teknologi Li-Fi? Mungkin belum semua pernah mendengarnya, namun dari namanya terdengar tidak asing dari kata Wi-Fi, karena Li-Fi juga salah sat teknologi yang berhubungan dengan jaringan nirkabel. Li-Fi yang merupakan singkatan dari Light Fidelity merupakan teknologi komunikasi nirkabel dua arah yang berkecepatan tinggi dan mirip dengan teknologi Wi-Fi. Nama dari teknologi ini dicetuskan oleh Harald Hass, dari namanya pasti kalian sudah tahu jika teknologi ini memanfaatkan cahaya tampak.

Lalu apa sih yang membuat Li-Fi ini lebih baik dengan Wi-Fi? Yang utama adalah teknologi Li-Fi ini bisa memecahkan permasalah utama kecepatan internet, kecepatan dari Li-Fi ini adalah 100 kali lebih cepat dari Wi-Fi, saat dilakukan uji coba laboratorium dari Li-Fi menunjukkan jika pengguna dapat mengunduh 23 file berupa DVD Film hanya dalam waktu 1 detik saja, berdasarkan uji laboratorium tersebut menunjukkan jika kecepatannya lebih dari 200 Gbps.

Cara kerja dari Li-Fi adalah dengan memanfaatkan cahaya tampak, yaitu dengan kerlip tak tampak dari sebuah lampu LED, dimana kerlip lampu LED tersebut berkedip ribuan kali per detik. Kedipan tersebut disebut sebagai persamaan digital sandi morse.

Menarik kan NextGeners dengan teknologi Li-Fi ini, pasti kalian jadi ingin memilikinya. Belum lama ini di dalam pameran CES (Consumer Electronics Show) 2018, salah satu produk koneksi Li-Fi pertama kali di munculkan di publik dalam acara tersebut, produk tersebut bernama MyLiFi dan didistribusikan di Amerika Utara oleh Global LiFi Tech. Produk LiFi pertama ini mendapatkan dua penghargaan dalam ajang bergengsi CES Innovation Awards 2018, yaitu Tech for a better world dan Smart Cities Categories. MyLiFi ini berbentuk lampu meja dengan desain yang unik dimana dibuat oleh Pierre Garner dari eliumstudio. MyLiFi merupakan lampu teknologi LiFI dengan keamanan yang kuat dan tidak menghasilkan gelombang elektomagnetik yang berbahaya.

“Sama seperti energi bersih yang menggantikan bahan bakar fosil dan mendorong inovasi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, cahaya memindahkan frekuensi radio untuk memberikan konektivitas yang bersih dan juga bertanggung jawab. MyLifi menandai dimulainya era baru dalam jaringan” ungkan Benjamin Azoulay selaku CEO Oledcomm (Perusahaan Startup di Perancis).

Bentuk perangkat MyLiFi yang seperti lampu meja

MyLiFi juga hadir untuk pasar komersial, dengan fitur untuk penggunaan yang optimal di lingkungan professional seperti perkantoran, toko, hotel, rumah sakit, bandara dan banyak lagi. Dimana kontrol akses yang sangat aman, tidak hanya melalui password namun melalui pengiriman data terenkripsi antara lampu dan perangkat pengguna, melindungi keamanan data dan kerahasiaan. Hanya dengan perangkat Dongle Li-Fi (sejenis kunci USB) semua perangkat dapat terhubung ke jaringan secara instan.

Dunia perangkat komputer memang selalu memberikan inovasi yang tiada hentinya, jika kalian tertarik dengan dunia piranti komputer kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/03/tak-lama-lagi-li-fi-akan-mendepak-wi-fi

https://id.wikipedia.org/wiki/Li-Fi

https://www.canadianinteriors.com/product-design/mylifi-lifi-eliumstudio-ces-2018/1003742805/

Sumber Gambar:

http://www.oledcomm.com/

http://globallifitech.com