Teknologi IoT Juga Bisa dinikmati Oleh Bayi

0
79

Kemajuan teknologi tidak hanya dinikmati para anak-anak, remaja maupun orang dewasa, karena di jaman era digital ini bayi pun dapat menikmati manfaat dari teknologi juga . Penasaran dengan teknologi apa yang digunakan para bayi, simak ulasan STEM-Z hari ini ya.

Ketika  bayi tidur dan orang tuanya sedang melakukan aktifitas lain, terkadang beberapa orang tua tidak mengamati apa yang terjadi dengan  bayi saat tidur dan mengakibatkan tidak mengetahui pola bayi, namu berkat salah satu device yang inovasi ini para orang tua tidak perlu khawatir lagi, nama dari perangkat itu adalah The Mimo Smart Baby Monitor. Perangkat cerdas dari Rest Devices yang berbasis di Boston ini sebelumnya sudah diluncurkan pada tahun 2011. Perangkat ini telah mengembangkan teknologi yang mendukung untuk melacak pernapasan, pergerakan tubuh, pola tidur dari bayi dan kemudian mentrasmisikan informasi tersebut secara real time ke aplikasi smartphone.

Konsep dari perangkat ini adalah Internet of Things (IoT), NextGeners tahu kan apa itu IoT? Internet of Things (IOT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Orang tua dapat menyesuaikan pengaturan tergantung pada usia bayi mereka, mereka bisa mengatur peringatan saat bayi berubah atau berguling, atau saay bayi terbangun, ungkap Dulcie Madden, salah satu pendiri Rest Devices.

Cara kerja perangkat ini juga sangat sederhana,pengguna tinggal memakaikan semacam baju dengan pita hijau ke bayi anda dan memasangkan sebuah alat tambahan berbentuk kura-kura lucu sebagai fungsi tambahan. Dengan begitu, perangkat ini akan mengirimkan pesan notifikasi ke smartphone anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mimo ini juga memiliki manfaat lain, datanya bisa membantu para orang tua untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki tidur bayi mereka.

Perangkat ini menggunakan teknologi Bluettoh dsn WIFI, pasti banyak orang khawatir jika hal tersebut akan memberikan dampak yang buruk bagi bayi nya, namun tenang saja semua anggap itu salah dan tidak memberi dampak yang buruk bagi bayi. Seperti saat produk ini ditampilkan dalam ajang CES(Consumer Electronics Show) 2014, bahakan dalam acara tersebut The Mimo Smart Baby Monitor disebut sebagai produk paling inovatif di tahun 2014.

Ternyata memang di era digital teknologi ini semua orang bisa merasakan manfaatnya, sampai bayi bisa langsung menggunakan sebuah perangkat cerdas seperti The Mimo Smart Baby Monitor ini, hebat kan NextGeners salah satu produk inovatif ini. jika NextGeners juga ingin membuat perangkat cerdas yang bermanfaat bagi masyarakat, kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

https://wearinasia.com/story/mimo-smart-baby-monitor/

https://www.nytimes.com/2014/12/04/technology/personaltech/smart-nurseries-track-a-babys-sleep-or-lack-thereof.html?_r=1

http://money.cnn.com/2015/04/16/smallbusiness/mimo-wearable-baby-monitor/

Sumber Gambar:

https://discoverdevices.com/mimo-smart-baby-monitor/

(Featured Image)https://weareblezone.com