TECHfest 2016 Universitas Prasetiya Mulya Day 3 – Energy for Sustainability Challenge

0
221

TECHfest 2016 berlanjut ke Energy for Sustainability Challenge di hari ke-3, Rabu, 5 Oktober 2016. Siswa/i SMA yang mengikuti kompetisi ini sudah mempersiapkan presentasi berupa poster mengenai ide pembaruan dalam bidang energi. Dalam presentasi yang bersifat pitching ini, peserta harus berusaha untuk meyakinkan juri bahwa ide proyek energi yang mereka ajukan merupakan ide yang paling inovatif.

10 tim dengan skor tertinggi untuk melanjutkan kompetisi ke Babak Final Presentation. Sementara itu, peserta lainnya dapat mengikuti Consolation Round Brainsqueez yaitu kuis cepat tepat terkait soal fisika dan kimia SMA. Peserta terlihat beberapa kali berpikir keras dalam menyelesaikan soal rebutan yang diberikan tersebut.

Sampai di babak Final Presentation, seluruh tim finalis berusaha menarik perhatian dari dewan juri dengan ide mereka. Presentasi pada tahap ini dipaparkan lebih detail dari babak sebelumnya dengan mempertimbangkan aplikasi ide tersebut di lingkungan secara nyata. Selain itu, terdapat juga sesi voting untuk poster 10 finalis untuk memperebutkan gelar juara Most Favourite Poster. Voting tidak hanya diikuti oleh peserta dan pendamping TECHfest, tetapi juga oleh Prasmulyan sebagai pihak eksternal dari kompetisi ini.

Dalam Energy for Sustainability Challenge ini, peserta diajak untuk melakukan inovasi baru terkait energi alternatif, mengingat tingginya kebutuhan energi saat ini, maka diperlukan adanya inovasi sumber daya baru.

“Lomba ini merupakan salah satu lomba terbaik yang menantang karena tahapan kompetisi yang menuntut peserta untuk bisa memiliki skill yang bervariasi, mulai dari membuat laporan, membuat video, berkampanye, dan presentasi sehingga melibatnya banyak pihak di sekolahnya. Kampus Prasetiya Mulya juga sangat keren, hi-tech, dan futuristik”, Tim Bonlap Inventors – SMAN 1 Tambun Selatan.

Di akhir acara, diumumkan pemenang dan diadakan sesi campus tour. Selamat bagi para pemenang dan sampai jumpa di TECHfest 2017!

THE WINNER OF ENERGY FOR SUSTAINABILITY CHALLENGE

Energy for Sustainability Challenge (Main Competition)

  1. Bonlap Inventors – SMAN 1 Tambun Selatan
  2. Zezaca – SMA Stella Maris BSD
  3. Piez-OK – SMA Cikal Amri Setu

 

Brainsqueeze (Consolation Round)

  1. MAN-3 – MAN 3 Jakarta
  2. Fluksenergy – SMA Labschool Cibubur, Bekasi
  3. Idea – SMA Stella Maris BSD

 

Most Favourite Poster

Extreeme Five Degrees – SMA Dian Kasih Internasional