Tanaman-Tanaman Penghasil Energi Terbarukan

0
37

Perkembangan sumber energi terbarukan semakin gencar-gencarnya, baik memanfaatkan sumber matahari, angin, panas bumi, bahkan tanaman. Apakah NextGeners sudah tahu jenis tanaman apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk sumber energi terbarukan? STEM-Z sudah merangkum nya pada artikel berikut, yuk simak apa saja.

  1. Kaktus

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman berduri yang banyak tumbuh di wilayah panas ini. Mexico yang merupakan salah satu negara yang memanfaatkan tanaman tersebut. negara Mexico telah mengembangkan biogas yang berasal dari lapisan tebal dari kulit kaktus, biogas dari tanaman kaktus ini mampu menyalakan mampu dan ampas dari kaktus tersebut juga dapat digunakan sebagai pupuk.

  1. Alga

Tanaman yang dianggap hama di perairan ini juga memiliki manfaat yang dapat digunakan sebagai sumber energi terbarukan juga loh. Inovasi ini berawal dari para peneliti di Concordia University di Montreal, Kanada yang menemukan sebuah cara untuk menjaring energi listrik dari proses fotosintesis dan pernafasan alga biru-hijau.

  1. Kelapa Sawit

Kelapa sawit tidak hanya dimanfaatkan minyak nya saja, negara kita Indonesia juga mengembangkan salah satu sumber energi terbarukan dari limbah kelapa sawit. Limbah tersebut diolah menjadi bioetanol dan digunakan sebagai sumber bahan bakar terbarukan.

  1. Zaitun

Tanaman yang terkenal akan pemanfaatnya untuk kecantikan ini juga memiliki kemampuan sebagai sumber energi terbarukan juga, dengan memanfaatkan senyawa yang terkandung di dalamnya, zaitun diproses menjadi bahan bakar bio yang aman.

  1. Eceng Gondok

Tanaman air yang juga dianggap gulma ini ternyata masih memliki manfaat yang sangat berguna, tanaman yang memiliki nama latin Eichornia crassipes ini dimanfaatkan sebagai biogas.

  1. Jagung

Tongkol  jagung ini termasuk sebagai sumber energi terbarukan juga, seperti yang dilakukan oleh PLN yang mengolah nya sebagai energi terbarukan biomassa, pembangkit listrik yang berada di daerah Gorontalo ini mampu menghasilkan listrik berkapasitas 550 Killo Watt.

 Sumber Referensi:

http://bobo.grid.id/index.php/Sains/Iptek/Sumber-Energi-Terbarukan-Di-Sekitar-Kita

http://www.biru.or.id/index.php/news/2017/09/12/310/eceng-gondok-menjadi-biogas.html

http://bpatp.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/teknologi-pertanian/55-teknologi-inovatif-badan-litbang-pertanian/733-bioetanol-dari-tandan-kelapa-sawit

Sumber Gambar:

http://www.climatechangenews.com