STEMPEDIA

0
56

AHP (Analytical Hierarchy Process: teknik untuk mendukung proses pengambilan keputusan yang bertujuan untuk menentukan pilihan terbaik dari beberapa alternatif
yang dapat diambil. AHP dikembangkan oleh Thomas L.Saaty pada tahun 1970-an, dan telah mengalami banyak perbaikan dan pengembangan hingga saat ini. Kelebihan AHP adalah dapat memberikan kerangka yang komprehensif dan rasional
dalam menstrukturkan permasalahan pengambilan keputusan (http://www.pwktech.info/system-modeling/analytic-hierarchy-process-ahp/)

Alga : Alga adalah sekelompok organisme autotrof yang
tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata. (https://id.wikipedia.org/wiki/Alga)

Arkit : framework baru Apple bagi para pengembang aplikasi di iOS 11 untuk membuat
konten AR menjadi jauh lebih mudah dan cepat. (https://macpoin.com/116711/teknologi-arkit-ternyata-diminati-para-pengembang-game/)

Augmented Reality : teknologi yang menggabungkan benda maya
dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke
dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan
benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata.(http://solmet.kemdikbud.go.id/pengertian-augmented-reality/)

Bahasa Assembly : Bahasa pemrograman tingkat rendah. Dalam pemrograman komputer dikenal dua jenis tingkatan bahasa, jenis yang pertama adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dan jenis yang kedua adalah bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language).

BOT AI(Artificial Intelligence: Chatterbot (disebut juga chatbot atau bots) adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menstimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks. (https://id.wikipedia.org/wiki/Chatterbot)

Braillesejenis sistem tulisan sentuh yang digunakan oleh tuna netra. Sistem ini diciptakan oleh seorang berkebangsaan Perancis yang bernama Louis Braille yang tuna netra disebabkan kebutaan sewaktu kecil. (http://www.beranda.com/mengenal-huruf-braille/)

Eigen : nilai karakteristik dari suatu matriks berukuran n x n, sementara vektor Eigen ( {\displaystyle x} {\displaystyle x}) adalah vektor kolom bukan nol yang bila dikalikan dengan suatu matriks berukuran n x n akan menghasilkan vektor lain yang memiliki nilai kelipatan dari vektor Eigen itu sendiri. (https://id.wikipedia.org/wiki/Nilai_dan_vektor_Eigen)

Enkripsi :sebuah metode mengubah bentuk atau wujud dari sebuah data, menjadi wujud yang tidak mudah untuk dipahami begitu saja tanpa menggunakan sebuah pola atau kunci tertentu. (http://www.nesabamedia.com/pengertian-enkripsi/)

Kriptografi : Kriptografi adalah ilmu mengenai teknik enkripsi dimana
“naskah asli” (plaintext) diacak menggunakan suatu kunci enkripsi
menjadi “naskah acak yang sulit dibaca” (ciphertext)
oleh seseorang yang tidak memiliki kunci dekripsi. (https://www.it-jurnal.com/pengertian-dan-sejarah-kriptografi/)

Kriptografi :ilmu mengenai teknik enkripsi dimana “naskah asli” (plaintext) diacak menggunakan suatu kunci enkripsi menjadi “naskah acak yang sulit dibaca” (ciphertext) oleh seseorang yang tidak memiliki kunci dekripsi. (https://www.it-jurnal.com/pengertian-dan-sejarah-kriptografi/)

RSA :sebuah algoritma pada enkripsi public key. (https://id.wikipedia.org/wiki/RSA)

Virtual Reality : sebuah teknologi yang membuat pengguna
atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan
yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer,
sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. (https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya)