Statistics in Business and Economics, How Important?

1
273

Anda pernah belajar statistik? Anda mungkin bertanya-tanya kapan ya Anda akan menggunakan ilmu ini. Kebanyakan orang yang tidak mengambil jurusan statistik atau jurusan matematika sering bertanya-tanya untuk apa belajar statistik. Padahal statistik sangat duperlukan dalam bisnis dan ekonomi. Selain dalam bidang tersebut ternyata statistik juga diperlukan dalam bidang science, teknologi, pemerintahan, dll.

What is Statistics?

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.

Istilah ‘statistika’ (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan ‘statistik’ (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif.  Sedangkan statistika infrensia berkenaan dengan permodelan data dan melakukan pengambilan keputusan berdasarkan analisis data, misalnya melakukan pengujian hipotesis, melakukan estimasi pengamatan masa mendatang (estimasi atau prediksi), membuat permodelan hubungan (korelasiregresiANOVAderet waktu), dan sebagainya.

The Role of Statistics in Business

Jika Anda tertarik dalam bidang bisnis, Anda akan sangat sering menggunakan statistik. Statistik diperlukan dalam membuat keputusan. Keputusan dalam bisnis umumnya harus dibuat dengan cepat dan berdasarkan data yang akurat.

Berdasarkan statistik, Anda dapat merencanakan produksi sesuai dengan apa yang disukai oleh pelanggan dan keinginan pelanggan tersebut. Anda dapat memeriksa kualitas produk jauh lebih efisien dengan metode statistik. Bahkan, banyak kegiatan bisnis yang dapat diselesaikan dengan statistik termasuk memutuskan lokasi penjualan, pemasaran produk, dan memperkirakan apa keuntungan produk baru tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh penerapan statistik sederhana dalam bisnis:

  • Obat nyamuk memiliki efektifitas 94% dalam membunuh nyamuk.
  • 4 dari 5 dokter gigi merekomendasikan Dentin.

Ini adalah bebrapa contoh dari statistika deskriptif yang sering digunakan dalam pemasaran untuk menjual produk.

The Role of Statistics in Economics

Banyak sekali aplikasi dan teori ekonomi yang tergantung pada statistik. Ekonom menggunakan statistik untuk mengumpulkan informasi, menganalisis data, dan uji hipotesis. Hubungan antara penawaran dan permintaan dan impor dan ekspor diperoleh  dengan menggunakan informasi statistik. Hal yang sama dapat dikatakan untuk mencari tahu tingkat inflasi, pendapatan per kapita, dan bahkan gross national income dari sebuah negara. Sebuah contoh yang sangat baik dari peranan statistik dalam bidang ekonomi adalah peranan dari Biro Sensus dan informasi yang mereka kumpulkan. Informasi yang dikumpulkan dapat digunakan untuk mengukur kondisi perekonomian suatu negara sehingga dapat digunakan untuk mendukung kebijakan publik.

The Role of Statistics in Banking

Bank menggunakan statistik untuk sebagian besar layanan yang mereka tawarkan. Sebuah bank bekerja pada ide bahwa seseorang akan menyetor uang mereka dan tidak menarik semuanya. Mereka mendapatkan keuntungan mereka dengan meminjamkan uang kepada orang lain dengan bunga, dan uang yang mereka pinjamkan tentunya adalah uang nasabah.

Bankir menggunakan pendekatan statistik untuk memperkirakan jumlah orang yang akan membuat deposito dibandingkan dengan jumlah orang yang meminta pinjaman. Sebuah contoh yang bagus dari statistik yang digunakan dalam perbankan adalah publikasi triwulanan yang dikenal dengan Statistik Perbankan.

The Role of Statistics in Management and Administration

Pemerintah suatu negara sangat tergantung pada statistik. Mereka menggunakan data statistik untuk membuat keputusan mereka tentang bany ak hal. Sebagian besar anggaran provinsi dan kabupaten/kota dirancang pada data statistik karena data yang paling akurat yang tersedia saat memperkirakan pengeluaran dan pendapatan yang diharapkan.

Contoh lain dari statistik di bidang pemerintahan adalah mencari tahu apakah kenaikan upah minimum diperlukan karena kenaikan biaya hidup. Data statistik memberikan pemerintah gambaran mengenai kecenderungan dari biaya hidup yang terus meningkat.

Statistik tidak hanya diperlukan dalam bisnis dan ekonomi tetapi sangat diperlukan dalam bidang lainnya seperti bidang STEM (Science Technology Engeneering and Mathematics), kedokteran, astronomi, dll. Ada contoh lebih lanjut dari statistik di bidang ilmu-ilmu ini termasuk kimia analitik, yang melibatkan penyajian masalah dalam analisis data dan menunjukkan langkah-langkah untuk menyelesaikannya. Meteorologi menggunakan statistik dalam prediksi stochastic-dinamis, peramalan cuaca, peramalan probabilitas, dan sejumlah bidang lainnya.

Sosiologi menggunakan statistik untuk menggambarkan, menjelaskan, dan memprediksi perilaku berdasarkan data yang diperoleh. Seperti banyak ilmu, komunikasi  juga menggunakan metode statistik untuk mengkomunikasikan data yang diterima. Teknologi informasi juga menggunakan statistik untuk memprediksi hasil tertentu.

So How important is statistics is in business in economics? Very important, and that it is not only in business and economics but also in many fields ..it seems that Statistics is the grammar of science (Karl Pearson)  is still true in many ways.

Source:

https://blog.udemy.com/importance-of-statistics/

https://id.wikipedia.org/wiki/Statistika