Startup, Sebuah Inovasi Bisnis Yang Mengubah Kehidupan

0
72
Startup with young man in the night

Penulis : Mohammad Rafii Dzikra
Asal Sekolah : SMAN 68 Jakarta

Kamu pernah mendengar istilah startup? Atau pernahkah kamu menggunakan aplikasi Gojek, Tokopedia, atau aplikasi sejenisnya? Aplikasi-aplikasi tersebut pastinya sangat memudahkan hidupmu bukan? Ternyata aplikasi-aplikasi tersebut secara tidak langsung sudah membantu kita dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19 loh.

Nah, semua aplikasi yang sudah disebutkan tadi itu bermula dari startup. Startup sendiri merupakan sebuah perusahaan rintisan yang masih dalam tahap pengembangan. Namun di masa kini, istilah startup lebih mengacu pada perusahaan berbasis aplikasi dan teknologi. Kemunculan startup juga turut berperan dalam memunculkan berbagai inovasi ke dalam sektor-sektor bisnis.

Munculnya startup tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan sains dan teknologi. Dari sebuah ilmu, masalah-masalah baru akan muncul. Dari berbagai permasalahan, sebuah inovasi akan terlahirkan. Lalu dari sebuah inovasi, masalah tersebut akan dapat diselesaikan. Dan cara untuk mencapai jalan keluar dari permasalahan masa kini salah satunya adalah melalui startup.

Beragamnya variasi startup seperti fintech, healthtech, dan kategori lainnya membuat penerapan sains dan teknologi sangatlah dibutuhkan. Situasi pandemi saat ini yang membatasi aktivitas fisik manusia juga dijadikan sebagai permasalahan yang dapat diatasi oleh pelaku startup dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan berbasis teknologi.

Kondisi Industri Startup Indonesia Pada Masa Pandemi

Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia membawa perubahan pada industri startup nusantara. Pada awal pandemi, para startup tentunya mengalami masa sulit. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Katadata dan KOMINFO, kedatangan pandemi mengakibatkan penurunan kondisi startup dari yang awalnya terdapat 74,8 persen perusahaan dengan kondisi baik menjadi 33 persen saja. Riset ini menunjukkan bahwa kondisi startup menurun secara signifikan semenjak pandemi Covid-19 memasuki tanah air.

Meskipun mengalami penurunan, ternyata terdapat beberapa sektor startup yang mendapat dampak baik dari adanya pandemi, seperti pada bidang kesehatan, finansial, dan logistik. Misalnya pada bidang finansial, selama masa pandemi ini kita diharuskan untuk mengurangi interaksi fisik secara langsung. Namun dengan kehadiran aplikasi seperti OVO, GO-PAY, dan aplikasi pembayaran sejenisnya, suatu transaksi pembayaran jadi dapat hanya dilakukan melalui sentuhan layar saja dan tanpa interaksi fisik sama sekali. Sebuah penemuan yang menakjubkan bukan? Dan karena faktor kemudahan ini lah yang membuat startup di bidang sistem pembayaran semakin dilirik oleh masyarakat Indonesia.

Nah, itu tadi merupakan penerapan sains dan teknologi dalam dunia bisnis melalui sebuah startup. Dari tulisan di atas, kita jadi tahu kalau penerapan sains dan teknologi itu penting banget loh. Bahkan dari penerapannya, kita dapat menciptakan sebuah inovasi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di sekitar kita. Bagaimana? Apakah kamu jadi tertarik untuk berinovasi melalui sebuah startup? Yuk komen di bawah, semoga artikel ini bermanfaat.