Solar Energy for Our Future

0
198

Solar Energy for Better Future

Listrik memang telah menjadi kebutuhan manusia yang tidak dapat dipungkiri kenaikan penggunaannya. Dengan peningkatan populasi penduduk yang kian tinggi, tentu akan diikuti dengan kenaikan jumlah penggunaan listrik, yang tentunya akan banyak menimbulkan permasalahan, terutama dalam hal pencemaran lingkungan.

Permasalahan terhadap energi listrik memang sudah seharusnya menjadi perbincangan untuk harus mendapatkan solusi yang tepat. Dalam hal ini permasalahan listrik yang terjadi adalah minimnya penggunaan energi alternatif yang ketersediaannya begitu melimpah di Indonesia. Dari data terbaru menunjukkan, lebih dari 72% pembangkit listrik di indonesia yang menggunakan batu bara atau energi fosil sebagai sumber energi utamanya, dan hanya kurang dari 28% menggunakan energi alternatif. Dalam permasalahan ini memang tidak bisa dipungkiri lagi, karena pembangunan pembangkit listrik alternatif sejenis PLTS, memakan biaya 3,5 kali lebih besar dibandingkan PLTU, sehingga para pengusaha juga enggan dalam mengembangkan sistem ini. Dan jalan keluar yang bisa ditempuh ialah dengan menciptakan suatu pembangkit listrik yang dimana dalam pengadaannya haruslah efisien dalam biaya dan bisa secara efektif digunakan.

Solusi yang mungkin bisa dikembangkan adalah Solar Boiler Alternative Energy, dimana dalam prosedur kerja alat selayaknya seperti PLTU, hanya saja sumber panas utama adalah sinar matahari yang dikumpulkan menggunakan cermin cekung. Kelebihan yang dimiliki sistem dibandingkan tenaga surya adalah panas yang dikumpulkan nanti bisa langsung digunakan ataupun disimpan menggunakan sebuah garam cair yang disimpan dalam termos, sehingga ketika ada keperluan mendesak, panas dari matahari yang telah dikumpulkan dapat digunakan menguapkan air sehingga terjadilah transformasi energi dari panas menjadi kinetik, dan kinetik menjadi listrik. Selain itu karena posisi matahari yang terus berpindah-pindah saat siang hari, sistem dari pembangkit ini juga telah dikombinasikan dengan sistem sensor LDR, Stepper Motor dan Arduino Uno, sehingga akan selalu mengikuti dimanapun arah matahari dan akan berhenti bekerja apabila tidak ada panas dan cahaya matahari yang terdeteksi, sehingga energi panas yang disimpan dapat dimaksimalkan.

Memang system ini hanya sekedar design, namun karena Indonesia merupakan negara tropis, saya yakin sistem ini bisa berkembang dengan pesat, apalagi dari data yang saya peroleh daya matahari yang dipancarkan di Indonesia mencapai angka lebih dari 110.000 Gigawatt. Dan dengan terus menelaah dan belajar tentang energi, seperti sistem termodinamika, sistem kalor, energi kinetik, manufacturing machine, serta berbagai bidang keilmuan lainnya, saya berharap Solar Boiler Alternative Energy ini bisa bekerja lebih efektif dari PLTS(Pembangkit Listrik Tenaga Surya) sehingga penggunaan biaya yang bisa terus ditekan dan tentunya bisa menekan laju polusi yang kian meluas serta menekan efek rumah kaca yang berakibat buruk terhadap lingkungan.