SoFi, Ikan Elektronik Penjelajah Lautan

0
19

NextGeners masih ingat dengan robot angsa yang terdapat di Singapura? Robot yang bernama SWAN ini merupakan robot yang memiliki tugas untuk menjaga kualitas air di danau-danau atau perairan. Jika sudah ada robot angsa, kali ini STEM-Z akan membahas sebuah robot yang belum lama ini dipublikasikan oleh para peneliti dari MIT(Massachusetts Institute of Technology)

yaitu robot ikan, apakah yang membuat robot ikan ini menjadi special? Penasaran? Mari simak artikel nya sampai habis ya NextGeners.

Nama robot ikan ini adalah SoFi, seperti miniatur dari ikan dalam novel Moby Dick, robot ikan berwarna putih ini akan bergerak perlahan di atas karang, merunduk di bawah karang dan kembali naik turun, berputar, berenang seperti ikan sesungguhnya. Namun yang membedakannya ikan ini tidak memiliki daging maupun duri dalam tubuhnya , melainkan benda-benda eletronik yang terdapat di dalam tubuhnya, sedangkan tubuhnya tidak di lapisi sisik, melainkan sebuah materi elastomer.

Dalam makalahnya yang dibuat dari tim MIT Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory (CSAIL) membuat SoFi robot ikan ini agar dapat secara mandiri berenang bersama ikan asli di lautan dan melakukan dokumentasi serta mempelajari kehidupan laut dari dekat. Selama di lakukan uji coba penyelaman di Rainbow Reef di Fiji, SoFi berenang di kedalaman lebih dari 50 kaki, dengan cepat ia mengarungi arus lautan dan mengambil foto dan video dengan resolusi tinggi melalui lensa mata dari SoFi.

SoFi didukung oleh baterai lithium polimer sama seperti baterai yang digunakan dalam smartphone, SoFi dikendalikan dari jarak jauh menggunakan sinyal ultrasonik untuk berkomunikasi. Dengan adanya pompa hidrolik membuatnya dapat bergerak secara fleksibel, dan ekor dari silikon membuatnya dia dapat bergerak dengan gesit di dalam air.

“Kami melihat SoFi sebagai langkah pertama menuju pengembangan hampir seperti observatorium bawah air,” kata Daniela Rus selaku direktur CSAIL. “Ini memiliki potensi untuk menjadi alat jenis baru untuk eksplorasi laut dan membuka jalan baru untuk mengungkap misteri kehidupan laut.”

Bagaimana menurut kalian dengan inovasi dari robot ikan ini? menarik pastinya kan, kedepannya mereka akan terus mengembangkan robot SoFi ini agar berfungsi semakin baik. Proyek ikan SoFi ini juga didukung oleh oleh National Science Foundation, setelah membaca artikel robot SoFI ini Apakah kalian juga ingin berinoasi di bidang robotika? Jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

http://news.mit.edu/2018/soft-robotic-fish-swims-alongside-real-ones-coral-reefs-0321

http://www.businessinsider.com/tiny-robot-fish-revolutionise-study-aquatic-life-marine-mit-csail-sofi-ocean-2018-3/?IR=T

https://www.wired.com/story/mit-robot-fish/

Sumber Gambar:

https://news.nationalgeographic.com