Smart Home, Ketika Rumah dapat Mengontrol Sendiri

0
90

NextGeners pasti tahu kan tiga kebutuhan primer(pokok) dari manusia, yaitu sandang, pangan dan papan. Pengetahuan dan teknologi juga semakin meningkat dan memberi dampak juga terhadap ketiga kebutuhan primer.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, ditambah dengan kemajuan  perkembangan teknologi dan sistem yang terkomputerisasi maka tercipta konsep hunian masa depan yang  dikenal dengan smart home.

Smart home atau rumah pintar adalah rumah atau gedung yang dilengkapi perangkat berteknologi tinggi yang memungkinkan perangkat dari sistem yang ada saling terhubung.

Smart home sudah dikembangkan sejak tahun 2000-an, smart home adalah suatu sistem yang dapat mengontrol secara otomatis. Jadi pengguna dari smart home tidak perlu repot-repot dalam melakukan aktifitas saat di rumah dan tingkat keamanan penghuni rumah juga semakin tinggi.

Berkat kecanggihan teknologi smart home memberi banyak manfaat nih NextGeners, yang pasti fungsi utama dari smart home itu dapat mengontrol keadaan rumah setiap saat dimanapun dan kapanpun. Dengan perangkat gadget yang sudah terintegrasi dengan smart home maka pengguna dapat melakukan aktifitas dari jarak jauh seperti menutup tirai,  mengisi air, menyalakan lampu rumah dsb. Smart home juga tidak bisa lepas berkat teknologi IoT (Internet of Things) juga.

Semakin maju perkembangan teknologi maka fitur yang didapatkan dari smart home semakin meningkat. Melansir Businessinsider, teknologi sensor pada smart home disebut akan semakin berkembang. Penempatan sensor di berbagai ruang di dalam rumah, dapat menghimpun informasi dari pola hidup penghuninya, dari berbagai waktu bahkan suhu yang berbeda.

Satu yang tidak kalah penting dari smart home adalah ramah lingkungan dan energi, konsep hunian masa depan ini juga sangat menjunjung tinggi ecogreen. Smart home melakukan segalanya secara otomatis, lampu akan menyala jika keadaan sudah gelap dan mati jika keadaan terang. Hal seperti itu sangat memberi dampak yang sangat baik dalam penghematan energi, sumber energi tidak akan terbuang dengan sia-sia dan digunakan sesuai dengan porsi penggunaan yang sesuai berkat teknologi smart home.

Tren smart home di Indonesia juga semakin meningkat. Properti di Indonesia juga sudah banyak  loh yang menerapkan teknologi smart home.

Enggak terbayang begitu canggih yang namanya smart home, kalau hunian seperti ini, kita semakin betah kalau berlama di rumah.

Gimana NextGeners kalian sudah terbayang  punya ide ingin punya smart home seperti apa? Share yuk NextGeners ide-ide kalian disini .

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Referensi :

https://daily.oktagon.co.id/bagaimana-tren-smarthome-di-2017/

http://www.rumah.com/berita-properti/2015/12/112343/gunakan-smart-home-kenali-dulu-fitur-fiturnya

http://itoday.co.id/tekno/read/5783/Apa-Itu-Smart-Home

Sumber Gambar :

(Gambar no.1)https://www.nordicsemi.com/layout/set/print/node_206/node_305/Product-Related-News/Nordic-powered-Bluetooth-Smart-controllers-transform-home-appliances-into-smart-connected-devices

(Gambar no.2) http://www.sandyspringbuilders.com/blog/smart-home-technology/