Sihir atau Teknologi? Jubah pria ini Viral

0
102

NextGeners semua pasti tahu dengan film Harry Potter, film yang diangkat dari novel karya J.K Rowlings ini menceritakan tentang sihir. Seperti di salah satu filmnya, sosok utama film ini yaitu Harry Potter pernah menggunakan sebuah kain jubah yang membuat dia menjadi tidak tampak/ menghilang.

Nah beberapa minggu ini jagad dunia maya sedang dihebohkan dengan sebuah video berupa sosok pria paruh baya asal China yang memakai jubah yang membuatnya tampak menghilang seperti di film Harry Potter. Video dengan durasi kurang dari dua menit ini langsung menghebohkan para netizen, banyak kiriman-kiriman video tersebut di portal-portal, sosial media, maupun di aplikasi messanger seperti whatsapp.

Video juga telah dibagi ke berbagai media berita serta Chen Shiqu, wakil kepala Departemen Investigasi Kriminal di Kementerian Keamanan Publik.

Chen berbagi video di akun Weibo pada tanggal 4 Desember, yang menyatakan bahwa ‘jubah tak terlihat’ bisa berguna di militer. “Ini adalah kain buatan teknologi kuantum yang terbuat dari bahan transparan, bisa mencerminkan gelombang cahaya di sekitar orang yang memakainya sehingga bisa membuat orang itu menghilang,” kata Chen seperti dikutip dari Daily Mail.

Dalam video nampak seorang pria berjalanan di taman yang banyak tanamam semak-semak, kemudian pria tersebut menggunakan jubah tersebut dan pria tersebut menghilang seketika.

Pro kontra pun muncul dari video viral tersebut. Zhu Zhensong, produser di perusahaan produksi Quantum Video mengatakan kepada Liberation Daily, bahwa tidak ada yang namanya jubah tembus pandang. Dia mengatakan kepada wartawan, bahwa video tersebut telah diedit dan difilmkan dengan menggunakan kain plastik biru atau hijau.
Software seperti Adobe’s After Effects, Nuke atau Blackmagic Fusion dapat mengedit latar belakang dan memadukan objek ke dalamnya. Efeknya sebelumnya pernah terlihat di banyak film laga,” kata Zhu.

Kalau menurut NextGeners bagaimana? Walau masih pro kontra, STEM-Z yakin pasti dengan kemajuan teknologi sebuah jubah seperti ini secara resmi akan ada.

Simak video berikut untuk melihatnya:

Sumber Referensi:

http://global.liputan6.com/read/3190258/bak-harry-potter-pria-china-ini-pakai-jubah-gaib-tembus-pandang

https://news.okezone.com/read/2017/12/17/18/1831726/heboh-ada-jubah-tembus-pandang-di-china

http://www.bakul.my.id/2017/12/netizen-heboh-ada-jubah-tembus-pandang.html

Sumber Gambar:

http://Liputan6.com