Shazam, Pahlawan Penikmat Musik

0
134

Musik sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Tidak hanya remaja, musik dinikmati oleh semua umur baik anak-anak sampai orang tua. Setiap hari nya selalu banyak lagu baru yang bermunculan, bahkan sekarang ditempat umum sering memainkan sebuah lagu, seperti di tempat makan, pusat perbelanjaan, transportasi umum bahkan juga di dalam sebuah film. Pasti NextGeners terkadang baru mendengarkan sebuah lagu dan langsung suka dengan lagu tersebut, tetapi sayangnya tidak tahu judul lagu tersebut dan saat mendengarkan lagu tersebut langsung ingin tahu judul lagu tersebut, salah satu solusi untuk membantu masalah tersebut adalah dengan software Shazam.

Bagi penggemar komik asal Amerika DC Comics pasti tidak asing dengan nama Shazam, dalam komik tersebut Shazam adalah sosok pahlawan super yang memiliki kekuatan super dan kemampuan memunculkan aliran petir yang begitu dahsyat. Shazam selalu membantu manusia dan berada di jalan keadilan, tapi kalau software Shazam ini tidak ada hubungannya dengan sosok pahlawan super satu ini ya NextGeners, tetapi keduanya memiliki tujuan membantu banyak orang pastinya, software satu ini sangat membantu para penikmat musik untuk mengetahui judul lagu yang baru di dengarnya.

Shazam adalah aplikasi yang membantu kita mencari tahu judul lagu yang kita dengarkan ketika kita sedang mendengarkannya, aplikasi ini tersedia secara gratis untuk Android dan iOS. Cara menggunakannya pun sangat mudah, kita hanya memegang smart phone kita dengan mendekatkan pada suara lagu yang ingin kita cari tahu dan tunggu selama lima detik untuk memproses lagunya. Programnya akan memberitahu judul yang tepat dari lagu yang sedang di dengarkan.

Lalu bagaimanakah cara Shazam dapat mengenal sebuah lagu hanya dari sepenggal potongan musik? Shazam memilik sebuah database lagu yang sangat besar, lagu-lagu yang dikirim oleh pengguna Shazam melalui aplikasi shazam data lagunya diambil terpisah dan dianalisis untuk sifat akustik mereka oleh server Shazam, khususnya “frekuensi puncak” di berbagai titik dari suatu lagu. Ketika kita mengcapture 10 detik audio lagu dan mengirimkannya ke server Shazam, kita telah mengirimkan frekuensi dari lagu tersebut: catatan dari instrumen, harmoni yang khas dari suatu lagu dan sejenisnya.

Penjelasan dari cara kerja aplikasi Shazam dapat diurutkan sebagai berikut:

  • Pengguna dari aplikasi Shazam mengcapture sebagian nada dari suatu lagu ke aplikasi Shazam.
  • Shazam akan mengextract data dari suatu lagu ke dalam server
  • Penggalan lagu tersebut dicocokkan dengan database lagu yang ada, kemudian diextract lagi untuk mengetahui lagu yang kita kirim via Shazam dengan algoritma lagu yang sesuai.
  • Dalam database jika telah diketahui suatu kecocokan lagu maka akan mengirim balik ke pengguna aplikasi, informasi berupa judul lagu, penyanyi, music video(youtube), dan juga termasuk link streaming

*Sound to Sound melakukan pengenalan dengan mengekstraksi fitur dari sinyal input dari suatu lagu yang tercapture dan mengkonversi mereka ke gambaran Kristal kompak yang fleksibel. Kristal Input ini kemudian dicocokkan dengan database Kristal pengguna aplikasi yang telah diperoleh dari konten dari suatu lagu yang dicari.

Shazam merupakan salah satu software music recognition yang paling banyak digunakan oleh orang-orang, bahkan di tahun 2017 ini Shazam telah merambah ke fitur Augmented Reality. Platform AR tersebut dirancang untuk menghidupkan materi promosi apa saja hanya dengan memindai Shazam codes. Semuanya akan berjalan langsung dari aplikasi Shazam di Android dan iOS, tanpa membutuhkan aplikasi terpisah.

Bagiamana NextGeners mengenai software music recognition satu ini, ternyata Shazam salah satu software yang memiliki banyak fungsi, selain fungsi utama yang mampu mengenal lagu walau hanya sepenggal, Shazam juga menerapkan teknologi Augmented Reality, apakah NextGeners punya inovasi membuat software seperti music recognition tersebut dan menambahkan fitur-fitur lainnya?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Referensi:

https://shazam.id.uptodown.com/android

https://www.kaskus.co.id/thread/50c8337c562acf4c70000001/share-cara-kerja-aplikasi-shazam-amp-sound-hound/

https://dailysocial.id/post/shazam-luncurkan-platform-augmented-reality-untuk-brand

https://steemit.com/technology/@phenom/how-does-shazam-work-let-s-understand-music-recognition-algorithms-together