Sepatu Ini didesain Dari Limbah Permen Karet

0
25

Siapa yang tidak suka dengan permen karet, permen ini sudah menjadi sebuah tren sejak dulu, banyak anak muda yang suka mengunyah permen ini, tentunya termasuk NextGeners. Namun satu hal kendala yang dimiliki permen ini adalah limbahnya yang membuatnya sulit untuk diolah, teksturnya yang lengket dan mengering jika sudah tidak dikunyah memberikan permasalahan tersendiri.

Dari hal dasar permasalahan tersebut dan bertujuan untuk mengurangi limbah sampah dan plastik, organisasi pemasaran kota Iamsterdam, desainer Explicit Wear, dan perusahaan Gumdrop telah melakukan sebuah kolaborasi untuk merancang sebuah sepatu dari permen karet daur ulang. Disebut dengan Gumshoe, sol sepatu ini terbuat dari senyawa yang dapat didaur ulang (dikenal dengan sebutan Gum-Tec) yang di produksi oleh Gumdrop, dan senyawa tersebut terdiri dari 20 persen permen karet.

“Kami menemukan permen karet terbuat dari karet sintetis. Dan dengan meruntuhkan hal ini, kami mampu menciptakan jenis karet baru, ”kata Anna Bullus, direktur dan perancang di Gumdrop. Menurut proyek, sekitar 3,3 juta pon permen karet masuk ke trotoar Amsterdam setiap tahun, dan itu menghabiskan jutaan dolar kota untuk membersihkan. Proyek ini menggunakan sekitar 2,2 pon (1 kg) permen karet untuk setiap empat pasang sepatu.

Permen karet daur ulang yang digunakan digores dari jalanan di Amsterdam. Senyawa Gum-Tec dibentuk sebagai butiran dan kemudian dibentuk menjadi telapak sepatu, yang juga menampilkan peta kota. “Kami mulai mencari cara untuk membuat orang sadar akan masalah ini. Saat itulah ide mulai menciptakan produk yang benar-benar diinginkan orang dari sesuatu yang tidak dipedulikan orang,”ungkap Jonathan Van Loon. Van Loon mengatakan bahwa senyawa itu sama kuatnya dengan karet normal.

Para pembuat sepatu ini menginginkan proyek ini tersebar ke kota-kota besar lainnya, dan mereka ingin memperkenalkan cara yang lebih mudah dan lebih berkelanjutan bagi orang-orang untuk membuang permen karet mereka.

Sepatu ini tersedia dengan warna merah muda bubble gum atau hitam dan merah, sepatu ini mulai akan tesedia pada bulan Juni dengan harga 190 euro. Dengan membeli sepatu ini, berarti kita juga akan berkontribusi pada sebuah solusi, dengan memakainya maka kita menunjukan dukungan kita akan permasalahan sampah permen karet.

Setelah membaca artikel diatas apakah NextGeners juga memiliki ide dan gagasan untuk membuat sebuah desain untuk produk yang inovatif? Jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.gumshoe.amsterdam/

https://www.designboom.com/design/amsterdam-launches-worlds-first-sneaker-recycled-gum-04-25-2018/

https://www.theverge.com/2018/4/24/17274414/sneakers-chewing-gum-tec-amsterdam-gum-drop-explicit-wear

Sumber Gambar:

http://footwearnews.com