Sejuta Manfaat dan Inovasi dari Kurma

0
23

Tidak terasa sedikit lagi bulan puasa akan segera tiba, di bulan puasa biasanya terdapat beberapa makanan, cemilan, atau buah yang selalu hadir dan menjadi khas di bulan, salah satunya adalah kurma. Buah yang berasal dari pohon kurma ini merupakan buah yang berasal dari Timur Tengah, yang diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia.

Buah kurma selalu mudah di jumpai ketika bulan puasa ini, karena kurma yang memiliki rasa manis ini memiliki kandungan serat dan gula yang dapat menggantikan tenaga yang hilang selama kita seharian berpuasa loh NextGeners. Selain itu kurma mempunya banyak manfaat yang sangat berguna bagi tubuh kita sepereti menguatkan tulang, karena kurma mengandung mineral seperti selenium, mangan, magnesium, dan juga tembaga, kandungan mineral tersebut dapat membantu menguatkan tulang-tulang kita.

Siapa nih yang suka sembelit? Kalau kalian yang suka mengalami sembelit kurma ini juga dapat mencegah sembelit dan dapat menjaga kesehatan usus kita, karena kurma mengandung serat larut dan asam amino. Selain itu kurma juga mengaundung kalium, yaitu zat yang bisa membantu mengatasi penyakit diare.

Kurma yang memiliki jutaan manfaat ini juga diolah menjadi beberapa produk yang inovatif juga, seperti yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) yang terdiri dari Wahyu Erisa, Nurul Afifatul, Tika Pratama dan Khirun Nabila yang menciptakan inovasi baru untuk mengatasi morning sickness (muntah saat pagi hari) pada ibu hamil. Dengan membuat sebuah biskuit berbahan kurma.

Penampilan kue Kurma untuk morning sickness 

Nurul Afifatul mengatakan seperti yang dilansir dari laman metroasahan “bahan baku kurma dipilih karena kandungan buah kurma yang baik untuk kesehatan, termasuk ibu hamil. Dan ternyata, kurma sangat bagus untuk menggantikan nutrisi ibu hamil yang berkurang karena mengalami morning sickness.

Seperti yang dijelaskan diatas, buah yang banyak hadir di bulan puasa ini memang memiliki jutaan manfaat dan dapat dijadikan juga menjadi olahan makanan yang inovatif.

Apakah NextGeners juga ingin menghasilkan makanan inovatif yang sehat dari kurma ini? jika iya maka kita akan tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Sumber Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kurma_(pohon)

http://bobo.grid.id/Sains/Flora-Dan-Fauna/Inilah-7-Manfaat-Kurma-Untuk-Kesehatan

https://www.metroasahan.com/kolom/liputan-khusus/2018/01/24/23083/biskuit-kurma-berkhasiat-atasi-mual-pada-ibu-hamil/

Sumber Gambar:

https://www.merdeka.com

https://www.metroasalah.com