Scuba Diving dengan alat Portable yang Inovatif

0
31

Apakah NextGeners pernah melihat seseorang melakukan diving di laut? Salah satu hal yang harus dilakukan jika kita ingin menyelam adalah membawa tabung oksigen dan peralatan lainnya. Namun apakah kalian pernah terbayang jika kita menyelam menggunakan alat yang mudah dibawa dan efisien? Jika kalian penasaran, yuk baca artikel ini sampai kelar.

Nama dari produk ini adalah Nomad (bukan nama karakter di Marvel Comics ya), sebuah  alat scuba diving yang dikembangkan oleh bLU3. Pembuat Nomad ini merupakan sebuah perusahaan yang memiliki perusahaan induk bernama Brownie Marine Group (BMG) yang sudah memegang predikat sebagai perusahaan induk untuk merek-merek penyelam legendaris seperti Brownie’s Third Lung , bLU3 merupakan salah satu yang baru sebagai sistem penyelam yang inovatif.

Nomad by bLU3 adalah sistem menyelam  tanpa tank yang ultra portabel. Sebuah kompresor udara mengapung di atas permukaan air yang dapat memompa udara melalui selang 40-kaki. Seluruh unit alat ini menempel pada dudukan ransel yang memiliki fungsi ganda sebagai tali penyelam. Cara kerja Nomad ini yaitu akan mengambang di permukaan air, kompresor akan mengambil udara segar dan mengirimkan ke penyelam  melalui selang yang memiliki panjang 40-kaki., Nomad ini mampu untuk membuat pengguna menyelam hingga kedalaman 35-kaki, alat ini dapat digunakan dalam waktu sekitar 60 menit dari satu kali pengisian daya untuk alat tersebut.

Berbicara masalah daya, kira-kira bagaimana cara mendapatkannya?  Nomad ini menggunakan tenaga baterai yang diisi dengan kabel USB (seperti kebanyakan gadget sekarang) selama 60 menit (daya akan terisi penuh). Baterai dari Nomad ini juga dapat diisi menggunakan panel surya dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Alat penyelam inovatif ini dapat digunakan untuk penyelam berpengalaman maupun pemula (namun disarankan bagi pemula agar didampingi dengan pembekalan pelatihan).

Nomad merupakan crowdfunding di Kickstarter dan akan menelan biaya sekitar £ 719. Jika kampanye Kickstarter ini berhasil, tim pengembangan telah mendaftarkan fitur yang ingin mereka kembangkan dan termasuk paket baterai ion Litium, aplikasi smartphone pendamping, sensor modular, dan indikator peringatan baterai rendah.

Terbayang jika produk ini sudah dipasarkan secara umum, pasti akan banyak yang tertarik menggunakan Nomad ini, apalagi alat ini sangat cocok digunakan di negara kita yang memiliki banyak sekali pantai yang indah. Apakah kalian tertarik juga untuk membuat produk yang inovatif seperti Nomad ini? yuk ceritakan ide inovasi kalian di NextGen dan kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.businessinsider.com/ultra-light-diving-system-scuba-accessible-to-anyone-nomad-brownies-marine-group-blu3-2018-3/?IR=T

https://globenewswire.com/news-release/2018/02/01/1330373/0/en/The-next-generation-of-tankless-dive-systems.html

https://www.geeky-gadgets.com/blu3-nomad-tankless-dive-system-05-02-2018/

Sumber Gambar:

https://diveblu3.com