Scan Dokumen Hanya Dalam Satu Genggaman

0
127

NextGeners pasti pernah suatu ketika dimana harus mengirimkan beberapa dokumen fisik dalam bentuk digital, mau tidak mau untuk mendigitalkannya harus melalui perangkat scanner dan kita juga harus membutuhkan komputer atau laptop. Ketika kita dalam keadaan yang buru-buru hal tersebut sedikit merepotkan kita pastinya, namun kalau kalian kenal dengan perusahaan yang sudah terkenal dibidang multimedia yaitu Adobe, mereka memiliki jawabannya.

Adobe Scan, merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh Adobe untuk melakukan pemindaian dokumen. Walau di pasaran sudah banyak produk yang serupa, tetapi Adobe Scan ini memiliki inovasi tersendiri.File yang akan di scan akan pastinya akan menjadi file pdf. Kalau NextGeners tahu mengenai pdf, Adobe merupakan pencipta dari format file tersebut, jadinya pasti aplikasi ini memiliki fitur lebih untuk menghasilkan file pdf yang terbaik.

Aplikasi ini juga gratis dan dapat digunakan di platform android maupun iOS, semua fitur yang ada di aplikasi ini gratis semua, tidak ada biaya tambahan untuk menikmati fiturnya. Lalu bagaimanakah cara kerja dari Adobe Scan ini? Aplikasi ini yakni memindai dokumen fisik yang memiliki Optical Character Recognition (OCR).

OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi support /aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi. Text yang discan dengan OCR dapat dicari kata per kata atau per kalimat dan setiap text dapat dimanipulasi, diganti, atau diberikan barcode.

Hasil file yang berupa pdf, dimana file pdf tersebut bisa di cari satu per satu teksnya dengan memanfaatkan teknologi optical character recognition (OCR). Para pengguna juga bisa mengelompokkan sejumlah pdf menjadi satu untuk memudahkan pencarian.

Aplikasi Adobe Scan ini memiliki fitur yang memungkinkan melakukan deteksi border, cropping otomatis, capture, koreksi perpektif, dan atuo-clean untuk menghilangkan bayangan.

Update terbaru dari aplikasi ini juga sangat membantu buat para penggunanya loh, dengan memanfaatkan kecanggihan Artificial Intelligence, Adobe Scan kini bisa menemukan dokumen yang tersimpan di galeri foto.

Dengan Adobe Scan, AI bakal menganalisa semua foto yang tersimpan di galeri, lalu secara spesifik menampilkan yang berwujud dokumen saja. Tidak perlu repot-repot scrolling dari atas ke bawah, dengan satu sentuhan saja AI bakal mengerjakan tugasnya.

Melalui versi terbarunya, Adobe Scan juga menyempurnakan kinerja pemindainya agar hasil scan dokumen yang terlipat maupun tertutupi bayangan bisa tampak lebih bersih dan jelas. Di iOS 11, Adobe Scan kini terintegrasi dalam aplikasi files, sedangkan pengguna Android dapat mengakses semua hasil scan meski sedang tidak tersambung ke internet.

Bagaimana menurut NextGeners dengan aplikasi Adobe Scan ini? pastinya sangat membantu sekali dan memiliki fitur yang canggih juga. Sekarang NextGeners tidak perlu repot lagi jika ingin melakukan scan dokumen, karena hanya dengan melalui smart phone milik NextGeners kini sudah bisa melakukan scan dokumen tanpa menggunakan scanner pada komputer.

Jika NextGeners memiliki cita-cita dan ide inovasi seperti yang dilakukan oleh Adobe Scan ini maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

https://dailysocial.id/post/adobe-scan-app-android-ios

http://batam.tribunnews.com/2017/07/29/dengan-adobe-scan-mau-scan-dokumen-tinggal-cekrek-aja

https://dailysocial.id/post/adobe-scan-kini-bisa-menemukan-berbagai-dokumen-di-galeri-foto-secara-otomatis

http://www.skill.co.id/front/index.php/jakarta-tech-update/296-pengertian-ocr-dan-omr-2

Sumber Gambar:

https://acrobat.adobe.com/