Sang Rubah yang Memberi Rasa Aman di Dunia Maya

0
91

Siapa NextGeners yang suka dengan browsing? Pasti jaman sekarang entah anak muda sampai orang tua pasti selalu browsing di internet, pasti tidak asing dengan salah satu browser Mozilla Firefox, browser yang disimbolkan dengan rubah berwarna oranye. Ternyata terdapat sebuah teknologi yang diperbarui untuk salah satu browser ini, yaitu fitur keamanannya.

Setelah merilis browser Mozilla Firefox Quantum yang memiliki slogan anti-lelet, Mozilla Firefox saat ini sedang menggarap fitur keamanan baru dimana memiliki kemampuan untuk mengetahui situs yang pernah diretas.

Fitur yang rencananya bakal diterapkan di browser Mozilla Firefox tersebut nantinya akan memberikan peringatan kepada peselancar dunia maya jika mereka sedang mengunjungi situs yang pernah diretas. Dalam hal ini Mozilla Firefox tidak bekerja sendirian, bersama dengan Have I Been Pwned milik pakar kemanan digital kenamaan Troy Hunt, sebuah layanan untuk mencari tahu apakah identitas akun online milik pengguna internet pernah dicuri hacker.

Di beri nama “Breach Alerts”, nantinya fitur tersebut berfungsi ketika seseorang atau pengguna peramban web firefox membuka sebuah halamn website maka akan memunculkan javascript berupa popupnotifikasi yang berisi peringatan jika situs yang di kunjungi tersebut pernah menjadi korban peretasan.

Meskipun masih dalam tahap uji coba dan pengembangan, pengguna bisa menjajal fitur tersebut pada Firefox Developer Edition dengan menggunduh penggaya atau addons dari dari GitHub Firefox. Setelah pengguna berhasil menginstall add-on tersebut, Maka ketika pengguna peramban Firefox mengunjungi situs yang pernah menjadi korban hacker, akan muncul pernyataan berbunyi Anda mengunjungi situs yang pernah diretas.

Fitur ini tidak akan mengahalangi pengunjung untuk masuk ke halaman situs, melainkan hanya sekadar memberi peringatan supaya bisa menjadi pertimbangan pengguna soal keamanan situs yang bersangkutan. “Firefox hanya mencari situs-situs mana yang pernah diretas dan kami mendiskusikan cara lain untuk menggunakan data ini di masa depan”, jelas Hunt seperti dirangkum Kompas Tekno dari Engadget.

Dengan adanya fitur baru yang dibuat oleh Mozilla Firefox dengan Have I Been Pwned ini pastinya akan membuat rasa keamanan bagi penelusur dunia maya, dapat meminimalisir terjadinya pencurian data dan hal tidak baik lainnya.

Bagaimana NextGeners dengan inovasi yang akan diterapkan pada browser Mozilla Firefox ini? pastinya sangat berguna. Apakah NextGeners punya ide inovasi untuk fitur tambahan lain bagi browser? Jika ada

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

http://tekno.kompas.com/read/2017/11/26/14190067/firefox-bakal-tandai-situs-yang-pernah-diretas

https://www.recode.id/firefox-akan-beri-peringatan-jika-situs-yang-di-kunjungi-pernah-di-retas/

https://infokomputer.grid.id/2017/11/berita/berita-reguler/fitur-baru-firefox-ini-bisa-ketahui-situs-yang-pernah-diretas/

Sumber Gambar:

https://www.mozilla.org