SAMPAI MANA ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERPERAN DALAM PERADABAN MANUSIA?

0
34

Setiap detik bahkan saat kamu membaca artikel ini Artificial Intelligence (AI) berkembang dengan pesat. Istilah AI memang sudah tidak asing lagi. Namun, apa sih sebenarnya AI itu? Apakah yang kamu bayangkan adalah robot cerdas yang bisa menggantikan manusia?

AI merujuk pada sistem yang mengadopsi cara manusia berpikir. Secara teknis, AI didasari oleh machine learning dan deep learning yang merupakan algoritma komputer yang dilatih untuk memecahkan masalah. Algoritma-algoritma tersebut sebenarnya didasari oleh ilmu matematika seperti statistika, kalkulus, dan aljabar. Dari tipe pelatihannya, machine learning dibagi menjadi beberapa tipe, mulai dari algoritma yang dilatih dengan data training sampai yang mampu belajar sendiri.

Namun, AI tidak hanya berbentuk robot yang dapat dilihat secara fisik. Banyak AI yang dikembangkan dalam bentuk aplikasi (software) saja, walaupun pada praktiknya banyak berupa perangkat fisik. Lalu, apa saja peran AI dalam kehidupan manusia? Yuk simak beberapa daftar di bawah ini!

Peran AI di bidang transportasi

Siapa yang kalau kemana-mana selalu buka Google Maps? Tahukah kamu kalau Google Maps menggunakan kecerdasan buatan yang disebut DeepMind untuk memprediksi rute perjalanan yang kita gunakan. Hal ini meningkatkan akurasi karena berkaitan dengan ruas jalan, riwayat lalu lintas, lokasi konstruksi, hingga batas kecepatan pada suatu jalan. Seluruh data tersebut dihimpun pada algoritma yang disebut sebagai Graph Neural Network yang digunakan untuk memetakan berbagai parameter tersebut.

Courtesy of mmc.tirto.id

Mahasiswa STEM Prasmul juga tak mau kalah dalam berkreatifitas di bidang AI. Pada Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2021 empat mahasiswa Computer System Engineering (CSE), yakni Evita, Astuti, Farhan, dan Sania lolos pendanaan untuk melanjutkan penelitiannya. 

Mereka melakukan penelitian yang menggunakan Algoritma Dijkstra untuk memudahkan dalam menentukan rute TransJakarta yang dinaiki. Algoritma tersebut dikemas dalam aplikasi yang diberi nama TJ Router. Gimana keren kan? Kamu juga bisa loh dengan simak penjelasan mengenai jurusan CSE disini.

Peran AI di bidang kesehatan

Di bidang kesehatan, AI berkembang dengan sangat pesat, penelitian terkini menunjukan komputer dapat membantu memetakan gen manusia. Penelitian ini dipublikasikan pada Journal Cell Press oleh peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Teknik rekonstruksi genom yang didasari algoritma AI dapat dilakukan pada PC dengan kecepatan 100 kali lebih cepat dari yang telah ada. 

Pemahaman mengenai struktur genom menjadi sangat penting untuk pengobatan dan diagnosis penyakit pada manusia, khususnya penyakit metabolisme seperti diabetes, kolesterol, dan hipertensi. Selain itu, pada bidang kesehatan AI juga dapat membantu diagnosis awal, seperti deteksi mata katarak melalui gambar ataupun teknik-teknik lainnya.

Peran AI di bidang energi

Pada bidang energi, salah satu pemanfaatan AI dilakukan pada proyek kolaborasi mahasiswa STEM Prasmul yang membuat inovasi i-Bess. Herry dari jurusan Renewable Energy Engineering (REE) dan Adit dari Digital Business Technology (DBT) bersama membangun i-Bess yang merupakan sistem dengan Algoritma Neural Network untuk mengoptimalkan daya pakai baterai dengan beberapa parameter. Sistem ini mampu memperpanjang waktu pemakaian baterai yang sering digunakan pada pembangkit listrik tenaga surya. Keren kan?

Selain pada baterai, penghematan penggunaan energi pada gedung-gedung padat aktivitas juga menjadi ranah potensial seperti yang dilakukan oleh Ayu Narsih dari jurusan REE dan Gaizka dari jurusan DBT. Mereka memanfaatkan computer vision untuk mengatur penggunaan listrik dalam satu ruangan. 

Courtesy of miro.medium.com

Computer vision ini ditanamkan pada sistem yang terkoneksi dengan CCTV sehingga tidak perlu menambah perangkat lagi. Inovasi ini sangat diperlukan menimbang biaya yang dikeluarkan untuk listrik dalam satu gedung sangat tinggi, baik untuk pendingin, lampu, dan keperluan lainnya.

Tertarik dengan pengembangan AI? Sejatinya AI telah masuk ke peradaban manusia jauh bahkan hingga ponsel ataupun laptop yang kamu gunakan untuk membaca artikel ini. Jurusan CSE merupakan salah satu pilihan buat kamu untuk mengembangkan diri. Program studi ini juga penuh dengan kolaborasi karena ilmunya yang dapat diaplikasikan dimana aja. Yuk simak info mengenai CSE disini. Jangan lupa bagikan artikel ini buat mereka yang suka banget dengan AI ya. (Jus)