Roti Berbahan Tepung Gryllidae

0
67

Hari ini STEM-Z mau bahas makanan yang berhubungan dengan serang lagi, masih ingat dengan pembahasan kita beberapa minggu lalu mengenai olahan makanan yang terbuat dari larva lalat buah?  pasti ingat kan, walau terlihat agak aneh tetapi kandungan gizinya ternyata sangat baik dan juga pastinya larva lalat buahnya  juga yang sudah dipelihara dan diternak. Kalo hari ini STEM-Z akan mengangkat serangga yang termasuk ke dalam ordo Orthoptera yaitu Cengkerik(Gryllidae) atau yang lebih dikenal dengan jangkrik. Jangkirk adalah serangga yang berkerabat dengan belalang, memiliki tubuh rata dan antena panjang. Jangkrik termasuk omnivora.

Tahukah NextGeners jika serangga memang digadang-gadang menjadi makanan masa depan? Karena serangga termasuk sumber protein yang menurut para ahli dapat membantu mengatasi masalah kelaparan di dunia. Kali ini inovasi di bidang pangan ini digagas oleh perusahaan roti dan layanan makanan Finlandia bernama Fazer.

Roti ini dibuat dari jangkrik kering yang ditumbuk sebagai pengganti tepung. Jangkrik-jangkir ini pun disebut-sebut mengandung lebih banyak protein ketimbang roti gandum. Dikutip dari Marshable.com, roti ini menawarkan sumber protein yang bagus dan menjadi satu cara untuk memperkenalkan makanan berbahan dasar serangga. Apalagi serangga juga merupakan salahs atu sumber asam lemak, kalsium, zat besi dan vitamin B12.

“Roti ini mengandung protein dan membuat lebih banyak orang familiar dengan makanan berbahan serangga,” ujar Juhani Sibakov, Head of Innovation Fazer Bakeries.

Roti jangkrik sudah dikembangkan di Fazer sejak musim panas tahun lalu. Kemduian di bulan ini, Finlandia secara resmi menghapus larangan penjualan serangga untuk makanan sehingga roti jangkrik sudah bisa dijual di FInlandia.

Rencananya roti jangkrik dipasarkan di Helsinki pertama kali, lalu dipasarkan ke seluruh Finlandia. Inovasi ini merupakan pertama kalinya roti serangga dipasarkan secara komersial di Eropa.

Tapi serangga sebagai konsumsi di negara Indonesia sudah ada sejak dulu NextGeners,  seperti salah satu kerabat dari Jangkrik yaitu Belalang. Serangga tersebut sudah menjadi sumber makanan di Indonesia khususnya di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Belalang merupakan salah satu makanan pokok di wilayah sana dan dijadikan oleh-oleh dan dijual disepanjang jalan.

Bagaimana NextGeners dengan inovasi yang dibuat oleh Fazer di Finlandia tersebut? jika mereka berhasil mengolah Jangkrik menjadi tepung, apakah NextGeners juga akan menciptakan inovasi dari Belalang yang sudah menjadi sumber makanan dari serangga di Indonesia?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Sumber Referensi:

http://health.liputan6.com/read/3174190/roti-dari-tepung-jangkrik-kaya-protein-dan-sehat-berani-cicip

https://hype.idntimes.com/viral/komang-triyani/toko-yang-buat-roti-dari-jangkrik-c1c2/full

http://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/982042-finlandia-produksi-roti-berbahan-dasar-jangkrik

Sumber Gambar:

http://detik.com

(featured image) http://cookinglight.com