Robot ini terinspirasi dari tanaman Anggur

0
24

Robot pada dasarnya merupakan salah satu alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dahulu (kecerdasan buatan) dan kecerdasan buatan diciptakan dan dimasukkan ke dalam mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia. Namun ternyata robot tidak meniru dari kecerdasan manusia, karena terdapat juga sebuah robot yang dapat meniru tanaman. Pensaran kan NextGeners dengan robot yang meniru dari sebuah tanaman? Simak sampai habis artikel nya ya.

Robot ini dibuat oleh ilmuwan Universitas Stanford di California, AS. Dalam sebuah studi baru di jurnal Science Robotics, peneliti Elliot W Hawkes, Laura H. Blumenschein, Joseoh D. Greer dan Allison M. Okamura mendemonstrasikan robot yang bergerak melalui ruang seperti benda hidup. Robot ini merupakan sebuah robot lunak yang dilengkapi dengan kamera yang bisa tumbuh dan merambat ke dalam celah-celah kecil selayaknya pohon anggur, dikutip dari halaman Tribune India, robot ini memang terinspirasi oleh organisme alami yang dapat menembus sekat rapat seperti layaknya tanaman merambat, jamur, dan sel saraf. Robot ini berguna untuk mencapai orang yang terperangkap di reruntuhan bangunan yang roboh akibat gempa.

Robot ini terbuat dari bahan polietilen (bahan yang sama dengan tas belanjaan plastik), robot akan melebar melalui inflasi dan didorong oleh pompa dari matras udara bertenaga baterai. Dengan antena fleksibel yang disalurkan melalui tubuhnya, robot dapat melengkung ke atas. Dari selongsong selebar 11 inci, robot bisa meluas hingga 236 kaki atau hampir 80 meter dan akan mengalami peningkatan ukurannya sebanyak 25.000 persen. Robot ini juga memiliki kemampuan untuk meluncur ke bawah atau berbelok di tikungan untuk meraih tujuannya.

Walaupun robot ini memiliki material yang terbuat dari bahan politelilen, namun robot ini mampu mengangkat beban hingga 150kg loh, hebat bukan. Dengan tubuh robot tetap di tempat dan ujung dari robot yang bergerak tumbuh, membuatnya menjadikan sebagai robot yang ampuh dalam menjangkau lokasi yang sulit di jangkau. Untuk kedepannya para peneliti akan mengembangkan robot ini agar bisa menggunakan bahan yang lebih kuat dari sebelumnya, seperti rip-stop nylon ataupun kevlar.

Bagaimana setelah membaca artikel ini? apakah NextGeners juga tertarik dengan bidang komputer dan robotik? Jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/robot-penyelamat-yang-terinspirasi-tanaman-merambat

http://www.tribuneindia.com/news/science-technology/soft-robot-that-grows-like-vines-may-aid-rescue-operations/439970.html

https://techno.okezone.com/read/2017/07/20/56/1740873/keren-terinspirasi-tanaman-merambat-robot-ini-mampu-jadi-penyelamat-korban-gempa

Sumber Gambar:

https://news.stanford.edu