Renault Symbioz, Mobil Cerdas dari Masa Depan

0
39

Persaingan autonomous car antara raksasa industri otomotif semakin sengit, bahkan Google juga turut dalam persaingan tersebut, tidak mau ketinggalan dengan mobil berteknologi tinggi salah satu produsen mobil asal Perancis yaitu Renault turut mengembangkan sebuah mobil cerdas bernama Symbioz. NextGeners penasaran dengan teknologi tinggi yang dibekali pada Symbioz ini, yuk simak artikelnya sampai selesai.

Konsep mobil cerdas yang dibuat oleh Renault adalah kendaraan yang mampu memberikan kenyamanan selayaknya sedang berada di rumah, dengan kata lain Renault Symbioz adalah rumah dan mobil yang terintegrasi dan bekerja sama secara harmonis.

Mobil ini dibekali dengan dua motor listrik penggerak yang berada di poros belakang, dimana motor listrik tersebut bekerja sama dengan sistem kemudi all-wheel Renault. Didalam mobil ini juga menyediakan sebuah ruang duduk ekstra, dimana bangku tersebut dapat diputar sehingga memungkinkan untuk para penumpangnya dapat bertatap muka selayaknya berada di ruang tamu dalam rumah.

Mobil ini juga menggabungkan berbagai sensornya agar mengemudi secara otonom,sehingga ketika otonom aktif, secara otomatis Symbioz mampu mendeteksi kecepatan maksimal dari satu jalan, mengikuti rambu-rambu, serta berpindah jalur. Salah satu sensor yang terdapat dalam mobil ini yaitu terdapat sensor ultrasound di bagian belakang bodywork serta kamera depan, belakang, dan lateral yang tersembunyi di gagang pintu, juga terdapat Lidars yang tersembunyi pada lampu depan dan bumper belakang.

Mobil ini juga bisa membawa penumpang masuk sampai ke dalam rumah, ketika mobil ini tengah di angkat oleh lift, sunroof nya akan menampilkan pemandangan bintang-bintang. Terdapat pilihan mode dalam mobil cerdas milik Renault ini, Driving Mode, Dynamic dan Classic.  Kalau NextGeners tahu, mobil ini dilengkapi dengan fitur Virtual Reality (VR). ketika NextGeners menyerahkan mobil untuk melakukan tugas mengemudi padanya, pengguna bisa menikmati VR tersebut dengan memakai helm yang telah disediakan dan  merasakan pengalaman perjalanan virtual.

Menarik sekali untuk mobil yang dikeluarkan oleh Renault ini NextGeners, kalau menggunakan Renault Symbioz walau keadaan sedang macat pasti tidak akan bosan pastinya. Apakah NextGeners juga ingin membuat inovasi seperti mobil cerdas tersebut yang berguna dan menginspirasi? Jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

https://autotekno.sindonews.com/read/1267655/120/rumah-berjalan-khas-renault-1513834560

https://www.acc.co.id/news/read/renault-symbioz-sebuah-mobil-konsep-yang-terintegrasi-dengan-rumah

http://otofreak.com/renault-symbioz-representasi-mobilitas-masa-depan/

Sumber Gambar:

https://foto.tempo.co