Rekomendasi Tools Desain Gambar dan Video untuk Pemula

0
244

Halo sobat NextGener’s! Mimin mau tanya nih, kira-kira bentuk tugas apa yang paling banyak kalian dapatkan di era digital seperti sekarang? Langsung kepikiran tugas infografis, PPT dan video yang membanjiri deadline tugas minggu ini dan minggu depan. Di era teknologi seperti saat ini, menjadikan gambar dan video sebagai media komunikasi yang paling banyak diminta di berbagai bidang pekerjaan. Baik itu sebagai pelajar, mahasiswa, pegawai kantoran, dan sektor pekerjaan lain. Disini mimin akan membagikan beberapa laman website dan aplikasi yang sering mimin gunakan dalam menyelesaikan tugas gambar atau video menjadi lebih mudah.

1. Clipchamp – Video

Source: clipchamp.com

Clipchamp adalah tools pengeditan video online yang dikembangkan pada perangkat lunak dan dapat dilakukan langsung di jendela browser Internet tanpa harus mengunduh aplikasinya. Teknik editing yang diterapkan adalah pengeditan non-linear yang memungkinkan pengguna untuk mengimpor, mengedit, dan mengekspor materi audiovisual sesuai preferensi masing-masing. Dapat digunakan dengan mudah dan juga gratis, jika ingin menikmati semua fitur lengkap tentunya perlu membayar lisensinya. Selamat mencoba!

2. Filmora – Video

Source: exp.itemku.com/

Mungkin aplikasi ini sudah sangat tidak asing lagi, Filmora merupakan aplikasi video editor sederhana yang dapat membantu dalam pembuatan video berkualitas tinggi dengan cepat dan mudah. Namun, untuk dapat digunakan tools edit ini harus di unduh dalam bentuk aplikasi dan melakukan langganan untuk hasil video tanpa watermark. Tenang saja, aplikasi Filmora tersedia di berbagai perangkat lunak mulai dari IOS, ipad, hingga Android bahkan windows dan juga Mac. Selamat mencoba sobat NextGener’s!

Nah berikutnya adalah rekomendasi aplikasi dan laman untuk gambar, baik itu pencarian bahan untuk desain grafis maupun sebagai tempat editor.

3. Canva – Editor Gambar

Source: https://logos-world.net/canva-logo/

Sangat-sangat familiar, bahkan kelas editing menggunakan canva juga sudah banyak bertebaran di media sosial. Hal itu tentu karena pengaplikasian tools ini sangatlah mudah dan dapat digunakan dengan gratis. Disclaimer, tidak sepenuhnya gratis karena penawaran element dan berbagai fitur juga dibuat berbayar untuk keperluan operasional perusahaan tentunya. Bagi kamu yang masih belum berpenghasilan maka dapat memanfaatkan tools ini untuk media editing saja, element yang ingin digunakan kamu dapat temukan di laman lain di Internet.

4. Freepik – Gambar Desain Grafis

Source: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Freepik.svg

Nah, ini dia laman tempat mimin mencari element desain grafis dengan gratis. Meskipun tidak semua gambar desain grafis disini gratis, kamu masih dapat menemukan banyak element berkualitas yang dapat membantumu melengkapi tugasmu dengan aesthetic. Mudah saja, kamu tinggal menuju laman Freepik, kemudian menuliskan element yang kamu cari di fitur pencari dan akan muncul banyak pilihan gambar yang bisa kamu gunakan secara gratis.

5. Remove Background – Menghapus Latar Foto

Source: https://www.drupal.org/

Sebenarnya tools ini tidak bisa melakukan banyak hal seperti beberapa rekomendasi diatas. Namun sedikit banyak tools ini banyak membantu melengkapi editing sesuai keinginan kita.

Jadi, itulah rekomendasi aplikasi maupun laman yang sering mimin juga dalam mempermudah pekerjaan. Semoga dapat membantu kamu juga, semangat mengerjakan tugas dengan lebih enteng sobat Nextgener’s!