Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II

0
21
Sumber: https://nationalgeographic.grid.id/

Tangerang – Halo Sobat Nextgener’s! Inggris sekarang dalam masa berkabung yang akan berlangsung dalam dua minggu. Ratu Inggris, Elizabeth II meninggal dunia di hari Kamis, 8 September 2022. Beliau meninggal di usianya 96 tahun dan memerintah selama 70 tahun. Hingga bulan-bulan terakhir masa hidupnya, Sang Ratu masih tetap aktif berkegiatan. Hal ini membawa duka mendalam bagi warga Inggris hingga seluruh dunia. 

Menurut penelitian oleh profesor dari University of Illinois, S Jay Olshansky, berpendapat bahwa bangsawan rata-rata hidup 30 tahun lebih lama dibanding orang awam. Olshansky mencermati durasi hidup enam pemimpin Inggris terakhir, beserta dengan umur panjang pasangan dan anak-anak mereka hingga terdapat total 27 bangsawan. Kepemimpinan Inggris sejak Ratu Victoria dan seterusnya hidup rata-rata 75 tahun, umur panjang ini terus meningkat, dibuktikan dengan Ratu Elizabeth II yang meninggal di usia 96 tahun. Penasaran apa rahasianya? Simak fakta berikut.

Sumber: https://www.gettyimages.com/

Aktivitas Fisik

Semasa hidupnya Ratu Elizabeth menjaga aktivitas fisiknya ditengah kesibukannya. Salah satunya adalah rutin berjalan kaki di taman Istana Buckingham setelah dirinya makan siang. Terdengar sederhana, namun telah dibuktikan dalam penelitian bahwa aktivitas fisik memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan seperti pencegahan serangan jantung, stroke, diabetes maupun tekanan darah tinggi.

Rajin Mengonsumsi Buah

Menurut mantan koki Istana Inggris, Darren C, Ratu Elizabeth II adalah penggemar buah strawberry. Semasa hidupnya, beliau mengonsumsi buah strawberry setiap hari, bahkan saking sukanya Ratu Elizabeth mempunyai kebun buah berries di pekarangan rumahnya, Balmoral Castle. Macam buah berries yang ditanam di sana antara lain, raspberry, strawberry dan gooseberry. Buah berries, khususnya strawberry, memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh, mencegah anemia dan mengontrol tekanan darah serta mampu menjaga kesehatan kulit dan tulang.

Rutin Minum Teh Darjeeling (Teh Hitam)

Sang Ratu biasanya melakukan ritual minum teh di pagi hari, terkadang beliau juga menambahkan sedikit susu dan tidak dengan penambahan gula. Kemudian, ritual minum teh ini dilakukannya lagi di sore hari, sekitar pukul 5 sore. Tapi tahukah kamu, teh macam apa sebenarnya yang dikonsumsi sang ratu? Darjeeling adalah jenis teh hitam yang mengandung polifenol yaitu senyawa antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Itulah sebabnya tidak pernah ada kabar bahwa sang ratu terserang penyakit kronis apapun.

Gemar Mengonsumsi Dark Chocolate

Selain buah berries, Ratu Elizabeth II ternyata juga gemar mengonsumsi cokelat. Namun cokelat yang digemari ratu adalah jenis dark chocolate. Tidak hanya sebagai sumber antioksidan yang baik, beberapa studi juga menyatakan bahwa dark chocolate mengandung senyawa flavonoid atau pigmen tumbuhan kaya fitonutrien yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga memperlambat proses penuaan. Rupanya, makanan yang digemari ratu ini memiliki segudang manfaat sobat Nextgener’s.

Nah itu dia kebiasaan Ratu Elizabeth II yang menjadi rahasia umur panjangnya. Hal ini sangat berkaitan dengan aktivitas fisik harian, pola makan (diet), hingga kecukupan gizi harian yang tepat, semua hal itu dipelajari bersama STEMian di jurusan Food Business Technology. Yuk cari tahu kebiasaan yang dapat menjaga kesehatanmu dan juga angka kecukupan gizi harian kamu!