Rafflesia Arnoldii Ulang tahun ke 25 dan menjadi Google Doodle Hari ini

0
102

Tepat hari ini Rafflesia Arnoldii menjadi Google Doodle(09/Januari/2018). Walau tanaman ini sudah ada lama, tapi kenapa usianya baru beranjk 25 tahun? Bersama dengan dua bunga lainnya, yaitu Melati dan Anggrek Bulan, bunga yang memiliki ciri khas bau yang tidak sedap ini dinyatakan sebagai bunga nasional melalui keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1993 yang diteken oleh Presiden Soeharto.

Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Sumatera oleh seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold yang sedang mengikuti ekspedisi Thomas Stanford Raffles, sehingga tumbuhan ini diberi nama sesuai sejarah penemunya yakni penggabungan antara Raffles dan Arnold.

Rafflesia Arnoldii yang dikenal juga dengan nama Padma Raksasa adalah tumbuhan parasit obligat yang tekenal karena memiliki bunga berukuran sangat besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. Tanaman ini tumbuh di jaringan tumbuhan merambat Tetrastigma dan tidak memiliki daun sehingga tidak mampu berfotosintesis.

Persebaran dan habitat rafflesia tersebar di hutan pegunungan bawah Jawa Barat, hutan dataran rendah di sepanjang pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah hutan dataran rendah Taman Nasional Meru Betiri, serta hutan tropis di Pulau Sumatera. Beberapa lokasi yang sering ditemui tumbuh bunga Rafflesia arnoldii antara lain di Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Pusat Pelatihan Gajah Seblat di kabupaten Bengkulu Utara, dan Padang Guci Kabupaten Kaur, Bengkulu. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sendiri telah ditetapkan sebagai pusat konservasi tumbuhan ini. Hingga saat ini bunga raflesia belum berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya.
Dari sekitar 30-jenis rafflesia di seluruh dunia, hanya satu spesies yang dianggap terancam punah yakni Rafflesia magnifica yang tumbuh di Filipina. Salah satu jenis Raflesia yang sudah bisa tumbuh di luar habitatnya adalah Rafflesia patma.

Yuk NextGeners, kita sebagai generasi muda harus tetap menjaga lingkungan, khususnya melestarikan tanaman-tanaman langka seperti Rafflesia Arnoldii ini.

 

Sumber Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Padma_raksasa

http://tekno.liputan6.com/read/3219690/ulang-tahun-ke-25-rafflesia-arnoldii-jadi-google-doodle-hari-ini

https://www.wwf.or.id/program/spesies/rafflesia_arnoldii/

Sumber Gambar:

https://Google.com

https://www.wwf.or.id/