Produk Peralatan Makanan Ini Dapat di Makan

0
18

Sampah memang masih menjadi salah satu musuh utama dari lingkungan . pasti NextGeners sering melihat di social media mengenai gambar atau video mahluk-mahluk hidup menderita akibat dampak dari sampah seperti biota laut penyu, kuda laut yang sering terlihat terkena dampak dari sampah di lautan dan masih banyak contoh kasus lainnya.

Dari hal seperti inilah akhirnya yang membuat Komisi Uni Eropa berencana untuk melarang produk-produk plastik sekali pakai, seperti sedotan plastik, piring dan alat makan. Apakah NextGeners berpikir kita tidak akan mendapatkan peralatan makanan lagi, tenang saja karena ada banyak loh altenatif hijau yang digunakan sebagai peralatan makanan. Apa sajakah peralatan makanan tersebut? yuk simak peralatan makanan hijau alternatif berikut ini.

SpudWares, sebuah perusahaan asal Amerika ini telah membuat alat makan seperti garpu, sendok, pisau  yang terbuat dari resin berbasis tanaman seperti tepung kentang dan sama sekali tidak menggunakan bahan bakar fosil. Dengan menggunakan teknologi bioplastik SpudWare ini berserertifikasi BPI compostable. SpudWares akan rusak dalam waktu 180 hari dan dapat digunakan menjadi kompos. SpudWare ini mampu menggantikan hingga 100% bahan bakar berbasis minyak bumi.

Wisefood, sebuah perusahaan yang berasal dari Jerman ini tidak kalah inovatif juga dengan SPudWares, karena mereka membuat sebuah sedotan ramah yang terbuat dari sari jus buah apel. Sedotan yang dibuat dari bahan buah ini tentunya juga dapat dimakan sekaligus secara langsung loh, karena memang dibuat dari Apel. Jika begini pastinya sudah tidak ada lagi sampah sedotan yang merusak lingkungan.

Biotrem, perusahaan yang berasal dari benua Eropa yaitu Polandia telah mengembangkan sebuah piring yang juga dapat dimakan. Karena bahan pembuatan piring ini berasalah dari dedak gandum yang berasal dari bahan baku alami . namun jika kalian tidak ingin memakannya tidak perlu khawatir, karena piring Biotrem ini dapat terurai secara menyeluruh setelah 30 hari.

 Proses Pembuatan Produk Biotrem

Avani, Salah satu yang membanggakan dari anak bangsa kita yang juga tidak kalah dengan inovasi-inovasi dari luar negri yaitu Avani, sebuah gelas plastik yang terbuat dari bahan yang dapat dimakan yaitu dari sari jagung. Seperti produk ramah lainnya, gelas ini juga dapat diurai dan digunakan sebagai kompos alami.

Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang menghasilkan inovasi membuat bahan makanan yang dapat digunakan sebagai peralatan makan. Uni Eropa sudah memulai pelarangan penggunaan produk dari plastik, mungkin kedepannya kebijakan ini akan diterapkan di banyak negara di luar Eropa juga, apakah NextGeners juga ingin memiliki keinginan untuk membuat sebuah produk pengganti plastik yang terbuat dari bahan makanan alami? Pastinya kalian juga bisa menghasilkan inovasi seperti mereka yang ada di atas tadi, kalau begitu yuk NextGeners kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Sumber Referensi:

https://sains.kompas.com/read/2018/06/03/122100323/perangi-sampah-plastik-3-alat-makan-ini-bisa-jadi-solusi

http://www.dw.com/id/apa-yang-bisa-jadi-pengganti-alat-makan-plastik-sekali-pakai/a-44022997

http://www.biomasspackaging.com/brands/spudware/

http://biotrem.pl/en/

Sumber Gambar:

http://biotrem.pl

http://www.biomasspackaging.com