Pisang dari Zaman Es yang dapat dimakan Kulitnya

0
49

NextGeners pernah mencoba memakan kulit pisang? Bagi yang sudah pernah mencoba pasti tahu bagaimana rasanya, pahit, kulit teksturnya tebal dan keras sehingga NextGeners tidak dapat memakannya, tapi untuk menjawabnya terdapat sebuah varietas pisang baru bernama Mongee. Pisang Mongee merupakan pisang yang kulitnya dapat langsung dimakan.

Pisang Mongee adalah pisang hasil penelitian oleh Setzuko Tanaka, manajer pengembangan teknologi di D&T Farm, Prefektur Okayama, wilayah barat Jepang. Kenapa pisang Mongee memiliki keistimewaan dibanding varietas pisang lainnya? Pisang Mongee ditanam dengan sebuah metode inovatif yang disebut dengan Freeze Thaw Awakening. Teknik ini merupakan teknik dimana membuat sebuah pisang dari 20.000 tahun yang lalu, sekitar akhir zaman es. Konsepnya adalah menempatkan bibit-bibit pisang tersebut di dalam ruangan dengan suhu yang sangat ekstrem yaitu dengan suhu mencapai minus 60 derajat celcius dan menanamnya saat bibit itu cair.

Pisang yang ditanam dengan teknik ini membuatnya bebas dari pestisida, efek dari suhu ekstrem tersebut nampaknya mengaktifkan bagian DNA yang seperti saat zaman es tersebut dan memicu percepatan pertumbuan buah yang lebih  cepat hingga mencapai dua tahun dari buah pisang pada umumnya, yang membuat buah pisang Mongee dapat dipanen dengan kurun waktu empat bulan. Efek dari metode penanaman ini juga menghasilkan buah yang sangat manis dibanding yang ditanam dengan cara biasa dan juga kulit pisang ini lebih tipis walau lebih pahit, namun memakan kulit nya dengan daging pisang yang sangat manis memberikan rasa yang seimbang. Karena manfaat dari kulitnya sangat banyak dan tidak kalah dengan dagingnya loh NextGeners, D&T Farm menyebutkan jika kulit pisang Mongee ini adalah bahan yang sangat baik yang mengandung vitamin B6 dan magnesium yang terkait dengan sintesis serotonim dan juga zat yang dikenal dengan triptofan, bahan baku serotonin.

Motivasi dibuatnya pisang inovatif ini adalah untuk mendapatkan pisang yang nikmat dan aman untuk dimakan. Kulit pisang ini sangat aman dimakan karena ditanam tanpa bahan kimia.

Apakah NextGeners ingin menyicipi pisang Mongee ini? pisang Mongee ini dijual dengan harga 684 Yen yang jika di rupiahkan kira-kira seharga 80.000  tapi untuk sementara ini penjualannya baru di Jepang saja, tetapi untuk kedepannya pisang Mongee ini juga akan di jual untuk pasaran di luar Jepang. Karena Tanaka juga mengatakan jika dia ingin menjual pisang yang tidak mengandung bahan kimia ke seluruh dunia.

Sambil menunggu pisang ini dijual di seluruh dunia, mungkinkah NextGeners juga ingin menciptakan sebuah buah yang inovatif yang tidak kalah dengan pisang Mongee ini? jika iya kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Sumber Referensi:

https://inhabitat.com/japanese-researchers-create-tasty-new-banana-with-a-thin-edible-peel/

http://internasional.kompas.com/read/2018/02/02/15402921/jepang-kembangkan-pisang-yang-kulitnya-bisa-dimakan

https://news.okezone.com/read/2018/01/04/18/1840158/jepang-hasilkan-buah-pisang-yang-kulitnya-bisa-dimakan

Sumber Gambar:

https://en.rocketnews24.com

https://media.npr.org