Perguruan Tinggi Negeri Lebih dari Perguruan Tinggi Swasta, Emang Bener?

0
23

Tangerang, Nextgen — Memilih perguruan tinggi merupakan hal yang menantang bagi anak SMA. Banyak hal yang harus dipertimbangkan agar tidak salah pilih. Salah satu pertimbangan tersebut adalah memilih antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Kebanyakan memilih lanjut di PTN karena paham “PTN lebih baik dari PTS”. Memang begitu kenyataanya?

Paham “PTN lebih baik dari PTS” tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Memang secara umum banyak PTN yang memiliki kualitas lebih baik ketimbang PTS. Namun, bukan berarti semua PTS itu jelek. Di indonesia sendiri terdapat beberapa PTS yang setara atau bahkan lebih baik dari beberapa PTN. Jadi, bagusnya lanjut di PTN atau PTS?

PTN atau PTS bukan masalah, hal-hal berikut yang jadi masalah

Lanjut di PTN atau PTS bukanlah masalah utama. Masalah utamanya adalah perguruan tinggi mana yang menyediakan jurusan yang kamu minati. Jelas ketika kamu memutuskan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pastinya kamu ingin bereksplorasi di bidang yang kamu minati. 

Lingkungan perkuliahan juga harus dipertimbangkan saat memilih perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang baik adalah perguruan tinggi yang menciptakan lingkungan perkuliahan yang membantu mahasiswa untuk bereksplorasi. Terlebih lagi bereksplorasi pada hal-hal yang mempersiapkan mahasiswa untuk dunia kerja.

Meski tidak semuanya, mudah masuk kerja adalah harapan bagi mahasiswa setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Karenanya penting bagi kamu untuk memilih perguruan tinggi yang mempersiapkan mahasiswa untuk dunia kerja. Pilihlah perguruan tinggi yang sering melibatkan mahasiswa dalam proyek fakultas maupun universitas.

Tak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja, kamu juga harus memilih perguruan tinggi yang menyediakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau organisasi kemahasiswaan yang mendukung. Kuliah terkadang melelahkan, jadi baik bagi kamu untuk mengikuti UKM atau organisasi yang mampu menjadi tempat melepas penat atau refreshing. Tujuannya agar kamu bisa selalu recharge semangat kuliahmu.

Prasetiya Mulya, salah satu PTS dengan fasilitas dan lingkungan perkuliahan yang bagus

Jurusan yang diminati dan lingkungan perkuliahan jauh lebih penting ketimbang berkutat dengan dilema lanjut PTN atau PTS. Seiring berkembangnya dunia pendidikan paham “PTN lebih baik dari PTS” semakin tidak relevan. Jadi, kamu harus bijak dalam memilah-milah saran atau informasi yang didapat.

Pilihan tetap berada ditangan kamu. Untuk mengantisipasi penyesalan akibat salah pilih perguruan tinggi, sebaiknya kamu melakukan riset yang matang. Dengan riset yang matang, kamu bisa membandingkan dengan lebih objektif ketimbang bersandar pada stereotip yang ada. Terlebih lagi, riset akan menambah wawasanmu terkait dunia perguruan tinggi.

Kamu masih bingung mau kuliah dimana? Prasetiya Mulya mungkin bisa jadi pilihan kamu. Prasetiya Mulya menyediakan dua fakultas, School of business and economics (SBE) dan School of Applied Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM), dengan fasilitas, akreditasi dan tenaga pendidik yang berkualitas.

Sekolah STEM Terapan Prasmul tentunya tidak sama dengan sekolah teknik di perguruan tinggi lain. Disini, kamu tidak hanya diajarkan melulu tentang hal teknis tapi juga hal-hal seputar bisnis di bidang teknologi. Kerennya lagi, kamu bakalan sering dilibatkan dengan proyek-proyek kolaborasi untuk mempersiapkan mahasiswa dengan future skills yang dibutuhkan oleh industri.

Kamu bisa baca lebih detail tentang STEM Prasetiya Mulya di sini ya. Jangan lupa share artikel ini ke orang-orang terdekatmu supaya mereka juga dapat manfaatnya. See ya!

References

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/plus-minus-ptn-dan-pts-pilih-mana-nih

https://www.kompasiana.com/gabrielaarum/55ed83f8709773ff09fb784f/perguruan-tinggi-negeri-ptn-vs-perguruan-tinggi-swasta-pts?page=2&page_images=1