Peran Software Engineering dalam Berbagai Bisnis

0
302

Peran Software Engineering dalam Berbagai Bisnis

Software Engineering Mendukung Office Automation dan Business Automation

Software Engineering juga sangat mendukung kegiatan dari Office Automation sampai dengan Business Automation, sebagai contoh Office Automation yaitu  proses automatisasi pada kantor-kantor dari absensi, payroll, sampai dengan memantau performance karyawan melalui HRD System. Sedangkan contoh Software Engineering mendukung Business Automation adalah adanya software ERP (Enterprise Resource Planning), dimana software ini sangat mendukung pada proses automatisasi bisnis, dari inventory control, proses produksi, finance sampai dengan CRM (Customer Relational Management). Bahkan lahirnya portal-portal bisnis B2C dan B2B tidak bisa lepas dari adanya Software Enginering.

Proses pembangunan dari software untuk Office Automation dan Business Automation juga diajarkan melalui metode SDLC (System Development Life Cycle), yaitu dari mulai Design System, Development System, Testing dan Implementation. Teori dan metode SDLC akan menjadi pondasi awal dari semua perancangan system, yang juga menjadikan dasar mendidik mahasiswa untuk menjadi Startup Business dan Technopreunership Muda yang bisa ikut berperan aktif membangun masyarakat dan Bangsa Indonesia.

 Software Engineering Melahirkan FinTech (Financial Technology)

Era digitalisasi telah melahirkan cara bayar baru, yaitu payment system, dan itu tidak bisa lepas dari peran Software Engineering. Software Engineering telah membuat proses digitalisasi pada apapun. Hal inilah yang melahirkan e-money dan cara bayar baru sehingga merevolusi cara bayar yang disebut FinTech atau Financial Technology.

Software Engineering Mendukung Healthy Life and Hospital Technology

Banyak peralatan canggih kedokteran yang telah didukung oleh Software Engineering, dengan gabungan antara Computer Engineering dan Software Engineering, yaitu gabungan antara ilmu elektronika, ilmu software dan ilmu kedokteran itu sendiri, yang menyatu sehingga bisa mewujudkan dalam sebuah produk yang bisa digunakan untuk mendeteksi tubuh manusia.

Software Engineering Support HPC (High Performance Computing)

Untuk mendukung proses yang memerlukan performance dan endurance yang cukup tinggi serta untuk membantu forecasting dari cuaca dan lain-lain sangat diperlukan HPC untuk memprosesnya. Peran Software Engineering sangat besar dalam memvisualisasikan perhitungan dan grafik multi dimensi untuk bisa menjelaskan semua fenomena yang sedang diproses.

Software Engineering Mendukung Animasi, Multimedia dan Komunikasi

Dunia video dan film sangat membutuhkan actor dan actress, namun dengan adanya animasi  film-film terbaik dunia telah lahir. Animasi yang sangat luar biasa tersebut bisa terwujud berkat adanya teknologi HPC yang digunakan.

www.cahyanto.com