Penuhi Kebutuhan Gizi dengan Susu Kedelai Terfortifikasi

0
38

Apakah kamu suka minum susu kedelai? Ternyata susu kedelai yang difortifikasi mampu memenuhi nilai gizi tubuh kamu loh! Fortifikasi apa ya? Apa yang ada dibenak kalian mengenai fortifikasi pangan? Sebenarnya fortifikasi merupakan upaya penambahan satu atau lebih zat gizi penting pada produk pangan, seperti vitamin dan mineral.

Tujuan dari fortifikasi ini adalah untuk menjaga dan meningkatkan kualitas nutrisi produk pangan, agar mampu bermanfaat dengan maksimal bagi kesehatan masyarakat dengan risiko seminimal mungkin. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan konsumsi zat gizi masyarakat.

Susu Kedelai Terfortifikasi

Courtesy of klikdokter.com

Siapa yang tidak mengenal susu? Biasanya masyarakat mengonsumsi susu sapi untuk memenuhi gizi, terutama kalsium untuk pertumbuhan tulang. Namun, sayangnya terdapat beberapa orang yang memiliki alergi atau tidak adanya penerimaan tubuh terhadap susu sapi, alergi ini biasnaya karena lactose intolerant. Bagi orang yang tidak dapat mengkonsumsi susu sapi akan lebih rentan mengalami pemenuhan gizi yang tidak tercukupi.

Sebagai alternatif pengganti dalam pemenuhan kalsium pada seseorang yang memiliki alergi susu sapi, sering diganti dengan susu nabati, seperti susu kedelai. Kandungan kalsium pada susu kedelai lebih rendah dibandingkan susu sapi, sehingga perlu dilakukannya fortifikasi kalsium ataupun zat gizi lain.  Di sisi lain, susu ini tidak menimbulkan alergi karena lactose intolerant karena tidak mengandung laktosa.

Jangan salah, walaupun rendah lebih rendah kalsium, susu kedelai memiliki kandungan protein yang sama dengan susu sapi bahkan memiliki lemak yang yang lebih rendah. Makanya, selain untuk mereka yang alergi susu sapi, susu kedelai ini kerap dikonsumsi saat menjalani diet rendah lemak,

Sebagai pemenuhan gizi khususnya menyamai susu sapi, produk susu kedelai perlu ditambah dengan kalsium, dengan kata lain dilakukan fortifikasi. Tidak hanya kalsium, untuk melengkapi gizinya dapat dilakukan fortifikasi vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D. Selain vitamin, kandungan mineral seperti zat bezi juga penting untuk menjaga imun tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi susu kedelai yang telah difortifikasi dapat mencukupi kebutuhan gizi setiap individu.

Peran setiap zat gizi di dalam tubuh

Dari kandungan-kandungan tersebut, gizi pada susu yang berperan penting untuk meningkatkan imun tubuh. Vitamin A juga biasanya disebut vitamin anti-infeksi yang dapat melindungi sel sehingga dapat melawan berbagai macam infeksi virus dan bakteri. Di sisi lain, dengan peran yang hampir mirip Vitamin C atau asam askorbat berfungsi untuk meningkatkan komponen imunitas seperti aktivitas proliferasi limfosit, antioksidan, dan antimikroba.Konsep antioksidan sangat penting karena menjaga keseimbangan reaksiredoks di dalam tubuh, yang mana berkaitan dengan penangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Vitamin B6 dan B12, kedua vitamin ini memiliki fungsi yang sama yaitu meningkatkan imun tubuh dengan memproduksi sel darah putih yang lebih banyak. Selanjutnya, vitamin D berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, jadi selain berjemur mengonsumsi precursor vitamin D juga penting. Terakhir, masih berkairan dengan imun tubuh, zat besi bekerja untuk mengaktifkan sistem, khususnya memperkuat pertahanan tubuh di dalam peredaran darah.

Prinsip dalam meningkatkan imun tubuh adalah menjaga asupan makanan yang beragam sehingga tubuh mendapat asupan berbagai macam zat gizi. Berbagai zat gizi diperlukan untuk menjaga performa tubuh, salah satu teknologi pangan yang dapat dilakukan adalah melakukan fortifikasi pada susu kedelai. Proses ini sangat diperlukan bagi mereka yang menjalankan pola diet rendah lemak dan juga alergi terhadap susu sapi.

Ditulis oleh: Esther Nathania, Ni Putu Mayni Wulaningsih, dan Verayanti Lumban Batu. Mahasiswa program studi Food Business Technology Universitas Prasetiya Mulya Angkatan 2020.

Referensi

Kristanto, E. T. (2015). Fortifikasi Kalsium Pada Susu Kedelai Dengan Tepung Tulang Ikan Bandeng: Ditinjau dari Karakteristik Fisikokimia Dan Organoleptik. [Skripsi]. Prodi Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata

Sumarmi, S. (2020). Kerja Harmoni Zat Gizi dalam Meningkatkan Imunitas Tubuh Terhadap Covid-19: Mini Review. Amerta Nutrition, 4(3), 250–256.