Penting! Yuk Kenali CV ATS Friendly untuk Melamar Magang

0
119
Ilustrasi proses lamar kerja (freepik.com)

Halo Nextgener’s, saat ini persaingan melamar kerja maupun magang semakin ketat. Bahkan sekali proses rekrutmen ada ribuan pendaftar yang masuk, khususnya untuk perusahaan besar. Hal yang menarik adalah bagaimana pada recruiter menyeleksi CV (curriculum vitae) atau resume yang masuk?

Melansir CNBC, hampir 75% CV pelamar kerja tidak dilihat oleh rekruter. Hal ini dikarenakan mayoritas perusahaan menggunakan software bernama ATS (Applicant Tracking System). Bahkan mengutip Jobscan, 98,9% perusahaan Fortune 500 telah menggunakan sistem ini. Di Indonesia, sebagian besar perusahaan nasional dan multinasional sudah menggunakan sistem ini loh!

Apakah kamu pernah mendengar istilah CV ATS sebelumnya? Menurut Glints, dari survei sederhana yang dilakukan di media sosial pada 7 September 2021, 56% orang belum pernah mendengar ataupun mengetahui CV ATS ini. Padahal dalam pertarungan dunia karir hal ini sangat penting, bahkan sejak kita melamar magang. Lalu apa itu ATS?

Mengenal CV ATS Friendly

ATS merupakan perangkat lunak yang digunakan oleh rekruter untuk membantu melakukan scanning atau membaca konten dari CV pelamar. Algoritma yang dimiliki oleh ATS adalah menjadi keyword yang diinginkan oleh perusahaan.

Keyword yang dimaksudkan adalah kriteria ataupun standar yang merepresentasikan keterampilan, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, magang, organisasi, ataupun capaian kamu yang lainnya. Melalui keyword dan kriteria akan membentuk rekapan skor CV sekaligus membentuk data pelamar yang memudahkan pengelolaannya.

Tips Membuat CV ATS

Ada berbagai tips dan trik yang bertebaran di media daring mengenai cara membuat CV ATS Friendly, namun disini akan dirangkum beberapa hal yang paling penting!

1. Bangun Resume/CV yang Efisien dan Efektif

Resume untuk mereka yang fresh-graduate sebaiknya terdiri dari 1 halaman, namun bila memiliki pengalaman yang banyak dapat ditambahkan hingga maksimal 2 halaman. Pertama, kamu harus memasukkan seluruh informasi wajib yang diminta, seperti pendidikan, nama, kontak, pengalaman, dan lain sebagainya. Sebaiknya CV ATS dibuat dengan font yang standar dengan background yang polos, tapi kamu tetap dapat menggunakan warna selain hitam dan putih pada CV ATS-mu

Pilihlah pengalaman ataupun pencapaian yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Yups! Kamu harus selalu membuat resume ketika mendaftar. Sebenarnya hal ini tidak wajib, tapi dengan isi resume yang disesuaikan dapat memberikan konten yang spesifik bagi rekruter. Kamu dapat membuat satu file yang berisikan seluruh data diri mu, yang kemudian kamu hapus bagian yang tidak diperlukan ketika membuat CV baru!

2. Tunjukkan pengalaman dan pencapaianmu!

Pada bagian pengalaman, baik itu organisasi, proyek kampus, magang, ataupun kerja kamu bisa memasukan deskripsi pekerjaan dan capaian yang kamu dapatkan. Memasukan sedikit pengalaman namun dengan penjelasan yang detail lebih baik daripada memasukan banyak pengalaman namun hanya judulnya saja (tidak detail).

Kamu dapat menjabarkan pengalaman-pengalaman kamu untuk menyesuaikan kebutuhan HRD. Misal mereka membutuhkan orang yang kreatif, maka deskripsi pengalaman yang menunjukkan proses kreatif akan terdeteksi oleh ATS. Begitu pula kriteria lain seperti team work, public speaking, leadership, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga sebaiknya memasukan capaian secara kuantitatif. Misalnya “Mampu memimpin 15 anggota tim untuk mencapai 20 kerja sama media partner.” Hal ini penting karena ATS juga mendeteksi capaian secara kuantitatif. 

3. Gunakan keyword yang sesuai

Sesuai dengan algoritma ATS, yakni melakukan screening pada keywordkeyword tertentu, sehingga diperlukan kata kunci yang tepat. Ada berbagai kata kunci yang dapat kamu gunakan, berikut merupakan tautan yang dapat kamu baca lebih lanjut untuk memperkaya keyword pada resume kamu!

4. Cek skor resume mu!

Tentunya kamu butuh untuk melakukan perbaikan ataupun menilai resume mu sebelum dikirimkan. Kalau kamu merupakan seorang mahasiswa, umumnya setiap universitas memiliki career center yang dapat membantu kamu untuk review CV. Selain itu, kamu juga bisa meminta teman yang memiliki kemampuan di bidang ini. Namun, ada beberapa situs yang menawarkan review terhadap resume kamu lho!

Berikut ini merupakan tautan situs yang dapat kamu gunakan untuk review CV ATS kamu!

Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam melamar magang ataupun kerja, ataupun sekadar menyiapkan karir masa depan. Jangan lupa bagikan kepada teman terdekatmu! (Jus).